Skip to content
August 22, 2012 / Kholis Media

Tentang konsorsium Indonesia Primer Liga


Boleh lah ane sependapat tentang konsorsium ini. Agan2 boleh2 saja tidak sependapat dengan ane. Menentang bahkan mungkin mencaci pendapat ane.

Pendapat bahwa konsorsium inilah sebagai benteng pertahanan terakhir PSSI. Bisa dibayangkan bila tidak ada konsorsium, maka dengan mudah semudah membalik telapak tangan, mereka yang ingin menggulingkan PSSI akan memboikot kompetisi dengan berbagai macam alasan. Menyelenggarakan kompetisi sendiri. Menyandera semua pemain dan PSSI tak akan pernah memiliki Timnas. Otomatis PSSI tidak akan mampu mengirimkan Timnas ke berbagai event.

Konsorsium adalah penyandang dana utama klub-klub yang berkompetisi di IPL sebagai kompetisi resmi PSSI. Satu musim IPL berhasil digulirkan walaupun banyak cacat dan gaji menunggak. Tetapi tanpa IPL yang penuh dengan kekurangan, PSSI tidak memiliki apa-apa lagi.

Kompetisi di musim pertama PSSI dibawah Prof.Djohar adalah kompetisi transisi. Dari era kegelapan di era Nurdin Halid untuk bertransformasi ke era profesional. Anda tentu masih ingat bukan, Klub-klub Sepakbola yang memberontak kepada PSSI menuntut Prof.Djohar untuk melaksanakan Hasil kongres Bali yang masih menghendaki penggunaan dana APBD untuk klub sepakbola profesional hingga tahun 2014.

Maka dengan berakhirnya kompetisi perdana era PSSI Djohar, PSSI memiliki segudang catatan dan pekerjaan rumah. Dimusim mendatang klub-klub profesional harus benar-benar mampu mendapatkan sponsor utama untuk membantu pengelolaan klub dan tidak tergantung kepada Konsorsium lagi.

Hal ini sejalan dengan dibentuknya Joint Committee oleh Task Force AFC untuk membentuk kompetisi baru di era profesional di musim yang akan datang.

Sebagai kalimat terakhir, ane berterimakasih kepada konsorsium yang telah membantu klub dan PSSI menggulirkan kompetisi IPL. Tanpa kompetisi ini, mungkin PSSI saat ini lemah tak berdaya menghadapi kekuatan lama yang ingin bercokol kembali.

 

*bung riza*

Advertisements

One Comment

Leave a Comment
  1. ahmadafandi15ahmad / Aug 23 2012 12:52 pm

    yah klo IPL mah pastinya gak laku, pasti bangkrut. siapa yang mau nombokin, pak arifin juga ogah kalo buang2 duit melterulu. apa yang bs dijual ma LPI wong ratingnya aja rendah. liat dong ISL rame, berkualitas, TV juga gak rugi nyiarin ISL mah, tapi kalo IPL tv terpaksa nyiarin karena gak enak ma bossssnyaaaaa…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: