Skip to content
November 1, 2012 / Kholis Media

Pengalaman operasi THT di RSCM


Banyak pertanyaan tentang proses operasi THT dan biayanya. Pada postingan kali ini saya ingin berbagi cerita untuk calon pasien khususnya tentang operasi THT. Masih sedikit blog yang membahas tentang operasi THT sampai berapa biaya yang diperlu dikeluarkan oleh sang pasien. Berikut saya beberkan sedikit tentang biaya operasi THT, begini ceritanya:

1. Hari pertama

Kita diharuskan daftar terlebih dahulu di lantai 1 kalau kita pasien baru, setelah itu kita diharuskan mendapatkan kartu pasien yang bisa didapatkan di loket 13-15 kalau tidak salah. Setelah mendapatkan kartu pasien kita bisa langsung ke lantai 4 Poli THT, disini kita harus daftar lagi dengan menyerahkan isian formulir dan kartu dari loket 13-15 dengan membayar

a. 62 ribu untuk umum

b. 10 ribu Askes

c. SKTM 30 ribu kalau tidak salah

Setelah dapat giliran kita akan dibawa ke ruang periksa untuk melihat kondisi penyakit kita, untuk postingan ini tentang telinga.

Kalau penyakitnya perlu pemeriksaaan lebih lanjut, kita akan dibawa ke ruang Otologi bayar lagi Rp 98.000, trs masuk lagi ke ruang autometri atau apa gitu lupa namanya ehhehe, bayar lagi Rp 100.00.  Pengobatan pasien dalam postingan ini dilanjutkan besoknya karna perlu pemeriksaaan lebih lanjut. Tujuan dari pemeriksaan si pasien ini adalah operasi penambalan gendang telinga.

Total untuk pembayaran umum/tunai: Rp 260.000

2. Hari kedua

– Pendaftaran dilantai 4 Rp 62.000

-Otologi Rp 98.000

-Obat tarivid Rp 88.000

Total Rp 248.000

3. Hari ketiga

Pada hari ke 3 ini si pasien melakukan simulasi operasi,lubang gendang telinga hanya ditempelin kertas, jadi belum tahap operasi permanen.

– Pendaftaran dilantai 4 Rp 62.000

-Otologi + simulasi operasi Rp 298.000

-Autometri (apa ya namanya lupa LOL ) Rp 100.000

Total pengeluar hari ke 3 : Rp 460.000

Walaupun katanya biaya operasi penambalan gendang telinga yang ga parah cuma Rp 400.000 tapi biaya pemeriksaannya lebih besar ternyata hehehe.. Perhitungan di atas bukan untuk yang sudah memegang kartu Jamkesmas, Askes atau sejenis.

Simulasi berhasil dan akan melakukan tahapan selanjutnya, yaitu operasi THT sesungguhnya.

 

UPDATE:

Hari yang ditunggu-tunggu pun tiba walapun sebelumnya sampai ditunda 3 kali. Sebelum di operasi pasien ini disuruh membeli obat2an terlebih dahulu, obat tersebut terdiri dari blade, benang jarum,obat bius total seharga Rp 150.000.

Sebelumnya dokter bilang akan menambal gendang telinga dengan lemak telinga, tapi pas dilihat ternyata jaringan gendang telinga mulai tumbuh sendiri jadi dokter hanya menambal dengan kertas sebagai jembatan jaringan gendang telinga tersebut. Jadi obat-obatan yang dipersiapkan oleh pasien akhirnya gak kepake.

Setelah ditambal pantangan pasien dilarang batuk atau bersin keras2, khawatir tambalannya terganggu jadi pasien jangan tidur malem2 atau minum es. Intinya jaga kesehatan makan makanan bergizi. Biaya untuk penambalan ini habis Rp 405.000 blom termasuk biaya pendaftaran di Poli THT.

YUK SHARE PENGALAMANNYA DENGAN GABUNG DI GROUP WHATSAPP

THT Crisis Center (+6281905928872)

=== UPDATE ====

Berikut saya rangkum beberapa pertanyaan yang sering ditanyakkan di Group WA THT Crisis Center

  1. “Saya takut operasi!” : Teman2, keinginan untuk sembuh harus lebih besar dari rasa takut. Jangan malu minta dukungan orang tua ataupun sodara, dukungan orang terdekat sangat penting.
  2. ” Dimana saya bisa operasi menggunakan BPJS atau asuransi lainnya? ” :  Di RSCM, RS Medika dan RS Proklamasi, kalau teman2 pernah operasi selain ke 3 RS tadi infoin kita-kita ya.
  3. “Berapa biaya operasi besar?” Sekitar 30-40 juta, gunakan BPJS ya karna pernah ada member group yang gratis pakai BPJS di salah satu RS di atas.
  4. ” Setelah operasi pantangannya apa?” Jaga kesehatan, itu artinya jangan batuk,bersin keras-keras. Untuk makanan hindari vetchin, minum es. Kalau bersin atau batuk keras2 dikhawatirkan gendang telinga mendapat tekanan sehingga gendang bisa berlubang lagi.
  5. ” Untuk menjaga kesehatan setelah operasi harus minum obat atau herbal apa?”
  • Habbatusauda cap Kurma Ajwa  yang ini udah saya minum sejak 2012 sampai sekarang, dan terbukti. Kalau musim peralihan musim sering banget banyak yang sakit, atau kalo kita sering pulang malam dan sangat cocok untuk menjaga daya tahan tubuh sehingga engga gampang sakit. Beli Habbatusauda cap Kurma Ajwa 
  • Jelly Gammat Gold, setelah operasi minum Jelly Gammat Gold agar mempercepat pertumbuhan jaringan baru. BELI Jelly Gammat Gold . Ada member di Group WA yang mengkonsumsi Jelly Gammat Gold, gendang telinga nya nutup TANPA OPERASI.

wa

Semoga lekas sembuh.

Advertisements

277 Comments

Leave a Comment
  1. ryal / Nov 15 2012 9:40 am

    berapakah biaya operasi setelah simulasi

    • Siti Amaroh / Apr 20 2016 7:04 am

      ke RS ssmedika Jakarta aja, tim dokter tht bedahnya under prof Helmi (suhunya dokter-dokter THT di Indo ) itu ahlinya pendengaran, saya sudah kemana mana, sembuhnya di sana operasi tambal gendang telinga

      • Indri Alpiyanti / Apr 22 2016 5:21 am

        rs medika bisa pke bpjs gak ya

      • Ebel / Jun 14 2016 9:57 am

        Saya juga ada masalah di gendang telinga. Mba siti, info dong operasi dgn Prof Helmi. Pasca operasi gimana? Mba siti bole share email nya? Mau nanya2 lebih lanjut 🙂 Thanks

      • Maulita / Jun 25 2016 4:26 am

        Bnr bngt mba prof helmy tuh suhu bngt wkwkwkwk. Sya dl depresi bngt masalah telinga berlubang sya

      • Lidya / Jul 30 2016 1:44 pm

        Sist ada efek sampingnya gak sampe skrg?? Itu kita bisa reguest minta operasinya sm dokter helmi? Pliss infonya ya, galau bgt neh pengen nambal tp rada takut sm yg namanya operasi.

      • Kholis Media / Aug 13 2016 1:23 am

        Mbak, join group THT Crisis Center aja ya di WA 081905928872. Terima kasih

      • Andy / Aug 10 2016 6:07 am

        Harga berapa ya perkiraan operasi tambal gendang telinga?…mohon bantuan jawabannya…terima kasih

      • Kholis Media / Aug 10 2016 6:10 am

        Opeasi ringan : 2-3jt
        Operasi berat : 30jt an, bpjs bisa gratis

  2. panghaidar / Nov 18 2012 4:17 am

    operasi penambalan gendang telinga,ditambal pake kertas habis Rp 405.000 . Kalau operasi besar sekitar 7 sampai 9 juta.

  3. saiful / Jan 18 2013 6:47 am

    Maaf saya juga ada masalah dengan gendang telinga. Apakah pas operasi telinganya disobek? trus bagaimana hasil setelah operasi, apakah kita dapat normal mendengar lagi, sekarang saya agak sulit mendengar karena dokter bilang gendang telinga saya jebol semua. Terima kasih sharenya

  4. panghaidar / Jan 22 2013 4:29 am

    Jadi operasi ini ada 3 macem klo ga salah.
    1. Operasi besar.
    Operasi ini nanti telinga hampir “dipotong” walaupun ga sampe lepas hehe.. trs gendang telinganya di tambal sama lemak. biayanya kisaran 7-10 juta. Operasi ini perlu diketahui tujuannya untuk menutup telinga dari dunia luar, biar gak infeksi. Soal membaik gak nya tergantung syaraf telinga kita, apa sudak rusak atau masih membaik.

    2. Operasi sedang.

    Telinga gak “dipotong” tapi gendang telinga ditempel sama lemak, biasanya untuk lubang gendang telinganya gak terlalu besar. Untuk kasus artikel saya rencana mau operasi sedang, tapi sampai sekarang blom dilakukan, Jadi cuma dikasih salep.

    3. Operasi kecil.

    Gendang telinga cuma ditempel kertas, tujuannya untuk merangsang pertumbuhan gendang teling, sebagai jembatan.

  5. nita / Feb 19 2013 4:32 am

    Mas, boleh tau konsul tht nya dengan dokter siapa disana? mau rekomen untuk adik saya, sinus dan sudah robek gendang telinga ya, thanks

    • panghaidar / Feb 20 2013 3:06 am

      semua sama kok dokternya, ga ada khusus2 coz tiap step dokternya beda.

      • trikmama / Apr 3 2013 6:27 am

        mas jadwalnya thtnya tiap hari atau ada hari2 tertentu saja?

      • panghaidar / May 5 2013 3:08 am

        hampir tiap hari klo ga salah klo rabu “telat” dilayanin krna dokternya ngerjain operasi besar.

  6. lina / Apr 1 2013 7:31 am

    Slm kenal.. Kloo boleh tau bpk doktr siapa ya… Kebetulan sya punya keluhan Ɣªήğ sama.. Mohon infonya

    • panghaidar / May 5 2013 3:07 am

      Ga tentu mba soalnya dokternya tiap hari beda2, tpi jgn khawatir krna dia bertindak berdasarkan histroy pemeriksaan kita.

  7. fitrah / Apr 16 2013 10:39 am

    kira kira proses penyembuhannya berapa lama ya ?

    • panghaidar / May 5 2013 3:09 am

      tergantung kita juga ngejaga makanan dan kesehatan telinga. klo ga salah 2bulanan udah ada perubahan. ini tergantung dengan parah tidak nya keluhan.

  8. rini / May 22 2013 11:17 pm

    kmarin dokternya bilang biaya operasinya 500 juta.. apakah itu parah banget pnykitnya?

    • panghaidar / May 30 2013 2:08 pm

      mahal sekali ya, jauh dari yg saya tulis. Waktu itu sempet nanya2 ke calon pasien yg mau dioperasi mereka rata2 7-9juta. kalau untuk parah engga nya maaf saya bukan dokter jadi ga bisa menyimpulkan tapi biaya segitu wah sekali 😦

      • maharani / May 31 2013 2:50 am

        saya di operasi di rscm biaya operasi 6 juta kurang 50 ribu tagihannya….

      • panghaidar / May 31 2013 2:22 pm

        itu buat operasi yang mana mbak? besar,sedang ato kecil? ditunggu ya cerita lengkapnya 🙂

    • putri / Jan 12 2015 12:10 pm

      Pacar saya udah bulak balik ke rscm namun sampe sekarang masih menunggu jadwal operasi..dokternya bilang tiap minggu telepon agar inget tapi sampai saat ini belum dapat jadwal operasi padahal sudah menunggu hampir 6 bulan..mohon yaa di cek..

      • panghaidar / Jan 20 2015 1:47 pm

        Maaf mbak, saya engga kerja di RSCM. Coba langsung aja mbak ke RS nya kalo telpn kurang maksimal.

  9. roki / Jun 1 2013 6:57 am

    Salam,
    Maaf Mas, numpang tanya,
    Telinga saya berair, tiap dibersihkan dengan cotton bud malah terasa perih, sperti bernanah. Apakah ini karna gendang telinga sobek? Trmasuk operasi kecil, sedang atau besar?? *pendengaran saya normal.
    Terima kasih atas tanggapannya.
    Salam

    • panghaidar / Jun 3 2013 2:20 pm

      Kalau pendengerannya normal terus ada berair sepertinya ada infeksi, sepertinya juga sobeknya ga terlalu besar. Coba mas ke RSCM kali aja cuma ditempel dengan kertas. Tapi sebagai gambaran, gendang telinga akan ditutup kalau infeksi dan telinga bagian dalam kering.

      Salam

  10. anonim / Jun 5 2013 3:01 am

    maaf mas numpang nanya klo gendang telinganya robek akibat korek kuping pas saya umur 1,5th gimana mas apakah robek besar atau kecil tapi saya masih bisa mendengar 1/2 dari telinga normal dan apakah biaya operasi 9 jt itu untk 2 telinga atau 1 thank sebelumnya

    • panghaidar / Jun 8 2013 10:29 am

      Biaya operasi untuk 1 telinga. Klo diperiksa di RSCM nanti kita diperiksa, nanti juga diperlihatkan sebesar apa robeknya. Tapi sebelum “ditambal” pastikan telinga bagian dalam kering dan ga ada infeksi.

      Semoga cepat sembuh 🙂

      • anonim / Jun 10 2013 3:23 am

        Thank
        o y mas kalo yg di periksa 2″nya telinganya apakah biayanya jadi double atau sama dengan yg di atas n mas ngeluarin total semuanya berapa
        makasih sebelumnya

      • panghaidar / Jun 10 2013 1:51 pm

        Kalau periksa aja tetap 1 harga jadi ga double. Biaya yang saya posting di artikel ini berdasarkan lamanya pemeriksaan. Biaya di atas relatif tiap calon pasien, karna pemeriksaannya pasti gak sama, biaya di atas sebagai gambaran aja, tinggal jumlahkan aja 😀

      • panghaidar / Jun 10 2013 1:52 pm

        Kalau periksa aja tetap 1 harga jadi ga double. Biaya yang saya posting di artikel ini berdasarkan lamanya pemeriksaan. Biaya di atas relatif tiap calon pasien karna pemeriksaannya pasti gak sama, biaya di atas sebagai gambaran aja, tinggal jumlahkan aja 😀

  11. ahiy / Jun 21 2013 5:45 pm

    mas gendang telinga saya udah 4 taun lebih sobek tpi sy tkut kaish tau ke ortu smpe skrg tpi sy tk pernah ada cairan keluar dri tlinga sy,, jdi gmn ini mas solusiny?

    • panghaidar / Jun 21 2013 11:48 pm

      Kalau sobek gak ada cairan bearti telinga dalamnya gak ada infeksi. Kalau nyaman dengan telinga sekarang walapun sobek ya udah jalanin aja tapi ya itu rawan ada benda asing masuk, khawatir benda itu bisa menyebabkan infeksi.

      Kalau punya cukup biaya, mending periksa aja gak harus kasih tau orang tua,mereka tahu2 udah sembuh aja 😀

      • Maulita / Jun 25 2016 4:42 am

        Iya bnr tuh kata mas haidar .. Hehe aq jg gitu kl sakit cb buat ke rs tnp ortu kl dh parah bngt baru sedih”an deh. Aq pas telinga bolong ga ada cairan mmg .. Trs lgsg aq ke tht katany bolong tnp diliat alat kamera kmudia dok resepin obat, obat hbs aq ga mnm lg trs aq cari tau rs via internet, Allah ksh jln ke rs salemba, jakpus kebetulan dkt dr rmh .. Aq ceritain smua ke prof helmy (dok yg nanganin aq) kata dia di coba di salep dl stiap bbrp mnggu skli smoga bs tumbuh jaringan baru. Krn mgkn baru x ya kasus ku trs aq obatin jd gampang. Pas di salep ke tiga x jaringan menutup pelan” smp akhirny total. Prof helmy suka ngeguyon hihi. Tp ga tau untuk kasus kupung yg bolong dh lama cpt apa ga kl di salepin aja prosesny, paling paitny di operasi siy kl dr sepengetahuan aq.

  12. Yudi / Jun 26 2013 12:22 am

    Mas, saya gendang telinga’a pecah sekitar 50%,,
    apakah gendang telinga yg robek segitu termasuk operasi berat apa ringan??

    Dan saya pernah ke RS Proklamasi, cuma mau tanya biaya di RS tersebut ternyata jawabannya biaya operasi telinga kelas murahnya aja sekitar 24jt lebih,,

    Kalau diRS Dr.Cipto Mangunkusumo kira” brapa (Sya pake askes mas) ??

    • panghaidar / Jun 30 2013 2:41 am

      50% untuk 1 telinga? Kalau sekiranya masih ada “tempat” untuk menempelkan objek buat menutupi gendang telinga seperti masuk ke ringan sampai sedang. Tapi intinya tergantung dengan dengan kondisi telinga kita.

      Lebih baik langsung aja ke RSCM untuk pastinya 🙂

  13. Nur / Jul 15 2013 4:56 am

    Sblm’y Thanks ya share’y..
    Saya jg pnya mslh yg sama sama telinga saya..awal sakit’y klo ga salah itu taun 2010..nah udah 1bln ini kambuh lagi..
    Saya udah periksa ke dokter specialis THT di RSU Bhakti Yudha depok..udah 3x balik ksan..yg trakhir saya ksana cuma dperiksa aja(coz cairan’y wkt pas periksa itu udah ga keluar)jd ga dkasih obat lg sama dokter’y..udah 3hr ini cairan itu keluar lg..itu knp ya?pdhl saya udah ga prnah bersihin pake cotton bat lg.. Dokter sana jg blg klo mau ketutup lg hrs operasi dan dsarankam ukt ke RSCM klo mau operasi..cuma saya takut..tp klo udah 3hr ini keluar cairan lg saya jg jd takut klo ga ada penanganan apa2?dilema 😥

    • panghaidar / Jul 20 2013 12:53 am

      Salam kenal Mbak Nur,

      Kalau cairan kembali keluar itu artinya infeksi belum benar2 sembuh. Coba pake Otopain untuk mengobatinya, menurut saya Otopain bener2 work, temen2 saya udh nyoba dia cuma butuh 3 hari, mudh2an mbak nur juga sama cepet sembuhnya,aamiin.

      Setelah cairannya berhenti usahakan secepat mungkin gendang telingannya ditutup supaya benda2 dari luar gak masuk, khawatir benda2 tersebut bisa menyebabkan infeksi lagi.

      Jangan khawatir disana diobatin sampai tuntas makanya fee nya banyak 😀

      • dwi / Jul 26 2013 6:46 am

        Mas saya mau nanya dok, kalau hari sabtu dokter THT nya ada ga yah? Thanks

      • panghaidar / Jul 29 2013 12:07 am

        Kalau gak salah senin sampai hari kamis.

  14. irwan / Jul 27 2013 1:49 pm

    dari pengalaman anda setelah melakukan operasi gendang telinga, apakah akan bisa mendengar secara noemal sperti sedia kala

    • panghaidar / Jul 29 2013 12:08 am

      yang jelas lebih dan lebih baik walapun mustahil sembuh 100% 🙂

  15. amelia / Aug 2 2013 6:39 am

    mas..boleh nanya,,kesan setelah operasi gendang telinga kira2 apa ya…soalnya kata dokter yg menangani sy skrg telinga kita akan menjadi kebas n tak blh rasa apa lagi buat selamanya,,,betul begitu mas?? soalnya sy salah satu pasien yg menunggu utk dioperasi tp takut dgn kesannya itu,,,trus setelah dioperasi apakah tdk mengganggu pendengaran ditelinga yg satunya?? makasih penjelasannya…dlm dilema

    • panghaidar / Aug 3 2013 7:59 am

      operasi nya kecil,sedang ato besar? klo yg sedang ga biasa aja seh ga keganggu.. kalau operasinya besar kurang tahu juga karna tiap pasien pasti beda2..

      Operasi diartikel ini yaitu operasi kecil jadi gendang telinga cuma ditempel kertas, tujuannya jadi jembatan gendang telinga untuk tumbuh.

    • panghaidar / Aug 3 2013 8:00 am

      dan operasi kecil sudah cukup ternyata jadi blom ada minat untuk opeasi sedang ato besar.

      • veni / Aug 8 2013 2:54 am

        Mas kl telinga terasa kayak penuh kotoran tp pas di pakein cotton bath kotorannya gada knp ya? Trs kuping saya trasa kayak ada letupan pas nelan semenjak tenggorokan ga enak sm pilek

      • panghaidar / Aug 15 2013 7:15 am

        coba mbak Veni tetesin H2O2 3% , fungsi obat tetes ini untuk membersihkan kotoran telinga. Cara pakenya tetesin 3 tetes, diamkan 10menit terus buang airnya. 1 – 3 hari biasanya udh bersih.

    • nurbaya / Oct 29 2013 11:20 am

      mba amelia….. gmn operasix jd dilaksanain g ? tlg share ya mba perubahan apa yg dirasakan stlh operasi ato blh minta nope mba,sy pgn tny bnyk.semoga boleh ya…

  16. yunita / Aug 22 2013 8:16 am

    Mas bisa tanya, waktu operasi dengan dokter siapa ya? saya mau bawa adik saya ke rscm nanti sore

    • panghaidar / Aug 23 2013 11:12 pm

      banyak mbak jadi ga inget nama2 mereka, yang jelas mereka terus kok gak ganti2 maksdnya. sepertinya mereka udah jadi “penghuni tetap” ruangan itu

    • di zholimi / Aug 28 2013 11:55 am

      klo gue.. kapok operasi di RSCM penanganannya lama , yg ngeoperasi juga masih anak2 kuliah..

      • panghaidar / Aug 29 2013 1:17 am

        waktu sempet ditanya2 sebelum di operasi sama anak2 kuliah tapi mereka cuma nanya2 ga sampe nanganin operasi 🙂

  17. di zholimi / Aug 28 2013 11:55 am

    klo gue.. kapok operasi di RSCM penanganannya lama , yg ngeoperasi juga masih anak2 kuliah..

  18. fazrin / Sep 3 2013 5:07 am

    mas… saya gendang telinga kiri di vonis pecah…
    ada rasa perih dan keluar cairan kuning.. cairan tersebut keluar selalu di malam hari… setelah di beri obat dari dokter sudah berkurang keluarnya..

    saya ikut petunjuk dokter dulu.. belum ada rujukan operasi..

    pertanyaan saya bisakah kembali normal tanpa proses operasi
    dan amankah jika saya bepergian naik pesawat mas?

    • panghaidar / Sep 8 2013 2:50 pm

      Bisa kembali tanpa dioperasi tergantung pertumbuhan gendang telinganya itu sendiri, kadang ada yg perlu bantuan alat kadang ada yg tumbuh sendiri.

      saya belum tau bahaya naik pesawat dengan gendang telinga pecah, maaf.

    • Novi / Apr 1 2016 2:10 pm

      Mas blh tau gak nama obat yg diksh itu apa?? Slx pengalaman sm skr ini,cairan slalu keluar dimlm hari.

  19. ayu / Sep 7 2013 12:15 pm

    assalamu’alaikum mas , kurang lebih sudah sekitar 8 tahun saya mengalami keluhan pada telinga saya sering keluar nanah dan darah terasa sakit dan gatal . entah karna keadaan ekonomi keluarga saya atau karna tidak banyak orang yg tau tentang penanganan nya saya baru periksa sekitar 3 hari yg lalu. dokter bilang gendang telinga saya sudah hampir 80% bolong tapi alhamdulillah pendengaran masi ada sekitar meskipun samar walau jarak dekat.. selama 3 hari terakhir ini saya hanya memakan obat2n resep dokter dan memakai tetes telinga H2O2 dan Otopain.
    saya mau tanya apa kegunaan dari kedua tetes itu dan apa ada perubahan nanti nya?
    lalu dokter juga menyarankan katanya kalo mau sembuh total harus di operasi buat penambalan gendang telinga, nah saya mau tanya kira kira operasi yg harus saya jalankan jenis operasi kecil, sedang,ato besar? lalu kalo pake askes kira kira biaya nya berapa?
    terimakasih , assalamu’alaikum 🙂

    • panghaidar / Sep 8 2013 2:58 pm

      wa alaikum salam mbak ayu.

      H202 tujuannya untuk membersihkan kotoran telinga. Sangat disarankan pake cairan h202 kalau ingin membersihkan kotoran telinga jangan pake cotton bud atau lainnya.

      sedang otopain untuk mengobati infeksi2 agar gak sakit,keluar cairan dan lainnya.

      80% tergolong besar mbak, tapi kalau masih ada “jembatan” untuk penambalan operasi sedang, lebh lanjutnya mbak konsultasikan ke dokter tht nya, klo di RSCM nanti dikasih liat bolongnya segimana.

      Kalau pake askes pastinya lebih murah daripada non askes :D.

  20. nisa / Oct 16 2013 8:08 am

    Assalamualaikum. maaf mas mau tanya, anak saya rencana dpt rujukan ke RSCM untuk implant koklea. Biasanya kalo ada rujukan langsung di operasi atau ada pemeriksaan/konsultasi awal lagi? Karena saya berharap hasil pemeriksaan lebih lanjut lebih baik kemungkinannya, pakai askes bisa ngga ya?…Mohon dijawab ya…Terima kasih banyak

    • panghaidar / Oct 16 2013 8:14 am

      Wa alaikum salam, kalau masalah itu saya kurang tahu, klo datanya lengkap mungkin tinggal dilanjutin..

      Terima kasih

      • nurbaya / Oct 29 2013 11:47 am

        ada yg udh prnh operasi besar g,mhon share ya,tq…

      • panghaidar / Nov 14 2013 6:58 am

        saya pernah denger cerita dari yg udah operasi besar, blom ada keluhan..

  21. lina / Oct 25 2013 3:18 pm

    assalamualaikum, maaf mas mau nanya.. kalau operasi ringan dan sedang dalam keadaan sadar apa tidur ? gimana sekarang pendengarannya setelah operasi ?
    terima kasih

    • panghaidar / Nov 14 2013 6:57 am

      wa alaikum salam, klo yg ringan sadar kok, klo sedang pasti lah kita dibius.. setelah operasi pendengaran sangaaat baik..

      terima kasih

  22. han / Nov 2 2013 6:57 pm

    Assalu’alaikum.
    Mas, biaya tersebut utk kamar kelas apa yah? waktu sebelum dan setelah operasi rawat inap berapa lama? Trus berapa lama daerah telinga diperban/ditutupin kain kasa selama penyembuhan? Soale tengsin juga klo kerja/sekolah telinganya msh ditutupin perban tentunya orang pasti nanya melulu.
    Thank. Wassalam.

    • panghaidar / Nov 14 2013 7:00 am

      Wa alikum salam, kalau yg saya post itu gak sampai rawat inap jadi hampir tiap minggu ke RSCM. terus waktu ditutup perban cuma seminggu tapi itu untuk operasi ringan..

      • Veny Liesia / Nov 14 2013 7:09 am

        Mas h2o2 belinya dimana yaa kl blh tau?

      • panghaidar / Nov 15 2013 1:23 am

        di apotek banyak..

      • panghaidar / Nov 27 2013 3:31 pm

        diapotek dijual bebas mbak

  23. sophia / Dec 11 2013 7:09 am

    mau nanya setelah operasi,,udah bisa renang blum?atau keramas tanpa di tutup kapas?

    • panghaidar / Dec 18 2013 5:38 am

      kalo kedua telinganya udah tertutup dibolehin renang kok

  24. yudiestyra / Dec 13 2013 6:58 am

    mau tanya…knp ya telinga kiri saya berdenging stelah d brsihkn sm katton bat,tpi msi bs mndengar 80persen dan jg tdk sakit,hanya saja saya trasa trgnggu bila sy brbicara sperti bindeng kya org kna flu…apa memang gendang telinga sy brmasalah atau bnar2 robek…

    • panghaidar / Dec 18 2013 6:02 am

      kalo diperiksa di rscm nanti dikasih liat lewat monitor jdi kita bisa tau robek atau engganya, jdi disarankan diperiksa.

      Atau tunggu bebrpa hari mungkin suara berdenging itu krna gendang telinga “trauma”

  25. Anto / Jan 10 2014 12:25 am

    mas telinga kiri saya sering keluar cairan, ya kayak nanah tapi gak sakit sama sekali. itu termasuk harus operasi atau enggak?

    • panghaidar / Jan 16 2014 10:30 am

      tujuan dioperasi adalah untuk melindungi telinga bagian dalam dari dunia luar, kalo gendang telinga sobek lebh baik ditambal.
      kadang2 cuma infeksi diteling bagian luar aja, coba diobati pake otopain dlu buat mengobati infeksinya,

  26. Sea / Jan 16 2014 11:12 am

    Mas, ini yang diceritain pengalaman Mas sendiri atau orang lain ?
    Saya sudah didiagnosa dokter ada lubang kecil (30%) dan harus dioperasi. Pertanyaan saya, sakit kah operasinya ? Kalau bius lokal anestesinya dengan suntik atau oral ? Kalau suntik, bagian mana yang disuntik ?
    Terus terang saya agak ngeri dengan yang namanya operasi .. 😦

    • panghaidar / Jan 17 2014 6:49 pm

      klo cuma 30% cuma ditambal kok, emang ngeri karna pake kata “operasi” hahahhaa..mau gimana lagi dokter nyebutnya operasi untuk tindakkan seperti itu, operasi kecil kok.

      engga sampe disuntik klo sadar, katanya yg disuntik daerah telinga. untuk sakit cuma kalo alatnya nyentuh bagian telinga, biasa seh sakitnya kyk ngobatin luka hahaha

  27. titin's / Jan 22 2014 6:25 am

    mas mau tanya …operasi untuk penambalan telinga itu.di bedahnya di telinga bagian mana yah ?tq

    • panghaidar / Jan 23 2014 7:46 am

      bagian gendang teling

      • suhardin / Jun 21 2016 6:28 am

        Asalamu alaikum…mohon bantuan…tolong…telinga kiri saya tdk bisa mendengar lagi. Sementara yg kanan juga tdk begitu normal…udah sekitar 10 tahun…apa bisa sebuh ya bila di operasi

      • Kholis Media / Jun 22 2016 7:59 pm

        Diperiksa Pak untuk mengecek syarafnya masih normal atau engga. Dengan cara simulasi operasi

  28. adi / Jan 27 2014 6:44 am

    mas mw tanya tlinga sblah kanan sya sring kluar cairan sya sdh priksa k dokter THT kta nx gndang tlinga nx blong tpi skrng gg’ trlalu kluar…sya mngaalami ini dah 11 thn apkah trmasuk opersi berat tau sdng mas……

    • panghaidar / Jan 27 2014 6:49 am

      kalo tidak salah kalo robekkannya engga lebh dari 40% cuma operasi kecil.

      Operasi besar itu tujuannya untuk menutup telinga bagian dalam dari dunia luar,biar engga menjalar ke otak infkesinya.

      • mamun / Feb 1 2014 5:57 am

        Aslamualaikumm….pak??
        Sya mw bertnya sya mngalami pnyakit tlinga sya ƔªΩƣ sblah kiri sejak dri kecil smpe skrang usia 21 th sya udh brusaha mngobati kesonoh-kesini tpi ssah untk dii smbuhin sya prnah mereksa ke dokter kta.Ωγ̥
        ᵃᵃ gendeng tlinga sya ᵘᴰᴬᴴ Ǧ̩k ,ª̲ϑ̲ª̲ ,,,
        Trus yng sya alami pnyakit sya keluarr congean gatal” gelisah ᵃℑᵃᵃ bwa.Ωγ̥
        ᵃᵃ psing” mual” nah pertnyaa,nye bgaimana pak cra untuk menanganinya dn apkah tlinga sya sdah parah bngt ??
        Dn tolong beri sran dan rujukannya klo bsa lokasi alamat RSCM nye pak .
        Sekian dn trima ksih wassalamuallaikum wr wb.

      • panghaidar / Feb 2 2014 7:10 am

        Wa alaikum salam pak mamun.
        Kalau gendang telinga engga ada bisa ditambal dengan lemak, ini artinya operasi besar. nanti telinga bapak dites dlu syaraf nya apa masih berfungsi atau engga. kalau masih berfungsi operasi ini punya 2 keuntungan.
        1. menutup telinga dari dunia luar
        2. “menambah” pendengeran.

        Alamat RSCM, Jalan Diponegoro Nomor 71, Salemba, Jakarta Pusat

        Terima kasih

  29. tyas / Feb 28 2014 9:58 am

    ciri gendang telinga robek apa ya? karena telinga saya keluar cairan putih tetapi juga keluar semacam kulit berwarna putih , apakah gendang teklinga robek?amankah menggunakan obat tetes telinga?

    • panghaidar / Mar 2 2014 12:19 pm

      Ciri2 engga bisa ditebak2, harus dilihat pakai kamera. Kalau keluhan seperti bisa jadi infeksi bagian dalam. aman engga nya obat itu tergantung obat tetesnya

  30. anonymous / Mar 1 2014 8:32 pm

    Halo slam knal, sy ingin minta saran mngenai operasi telinga dg pndengaran 50%, lebih baik di RSCM atau RS Perhati? trimakasi

    • panghaidar / Mar 2 2014 12:20 pm

      Belum pernh ke RS perhati, jadi blom bisa membandingkan.

  31. ayu anggraini (@ayu_anggra) / Mar 14 2014 4:08 pm

    Hai Salam kenal..saya ayu saya baru saja melakukan operasi besar THT, kuping sebelah kanan saya di vonis dokter Ada cholesteatoma semacam daging Lebih yg Tumbuh di dalam telinga dan Jalan satu2 Nya cuman harus di operasi di belek lewat belakang. Sebelumnya saya abis bersihin kuping Dari kotoran yg Sudah terlalu numpuk di rs mitra kel, nah setelah di bersihin baru ketahuan Bahwa Ada daging Lebih, karna setelah di bersihkan suka keluar air berwarna bening.
    Saya di operasi di RS. khusus Bedah & THT SS Medika Jl. Salemba 1 Oleh Prof.Dr. Helmi
    Just sharing 😊

    • panghaidar / Mar 16 2014 3:44 pm

      Hi ayu, terima kasih udah meluangkan waktu untuk sharing sama kita2. Semoga sembuh ya, aamiin

    • jiha / May 10 2016 7:00 am

      mba ayu salam kenal…kasus mba sma dgn suami sy.2bln ini dia mengalami gangguan telinga sebelah kanan setelah melakukan pemeriksaan akhirnya d vonis ada colestatoma dan hrus d operasi.
      operasi nya seperti apa ya mba.trus bgaimana keadaan telinga mba setelah di operasi n brpa biaya operasi nya m.
      sebelumnya terima kasih ya mba

    • jiha / May 10 2016 7:04 am

      salam kenal mba ayu….kasus mba sma dgn yg di alami suami sy.bru 2bln ngeluh sakit telinga dan setelah d periksa jg ada colestatoma dan hrus di operasi.yg sy mau tnya kn itu operasi y seperti ap y…trus ada pengaruh gk setelah di operasi n kisaran brpa biaya operasi nua.terima kasih

  32. MBAH MI*UN / Mar 26 2014 2:28 am

    hi ayu slm kenal dr Mbah Miun, abis biaya brapa operasi di RS Medika ? ngaruh gak ama pendengaran dibanding sebelum operasi ? aku tinggal di malang udah ke RS Saiful Anwar tapi takut biayanya gede klo di operasi

  33. yeli / Apr 22 2014 12:28 pm

    Ass, gendang telinga saya bocor terus cairan yg didalam telinganya sudah menghilang, kira-kira dilakukan operasi besar atau kecil dan biayanya abis berapa ?

    • panghaidar / Apr 24 2014 1:47 am

      Cairan menghilang belum tentu bener2 kering, harus dicek pake kamera.

      Supaya tau nanti dioperasi kecil atau besar tetep harus dicek pake kamera, nanti keliatan besar kecilnya lubang telinga kita.

      Soal biaya tergantung RS sama keluhan.

      Makasih

  34. Via / Apr 23 2014 12:16 pm

    Assalamu’alaikum…
    Saya mau nanya kalo H2O2 sma otopain masing” harganya berapa ya?
    terimakasih. wassalamu’alaikum…

    • panghaidar / Apr 24 2014 1:44 am

      Wa alaikum salam
      h2o2 paling 10rebuan tergantung apoteknya. opotpain 50ribuan.

  35. mahirah / May 14 2014 8:31 am

    Hallo saya ingin share pengalaman operasi gendang telinga besar di salah satu RS khusus telinga dijakarta.

    Saya dari kecil memang menderita telinga berair, tapi setelah besar hanya sesekali saja telinga berair dan jika diberi tetes telinga akan sembuh dengan sendirinya.
    Keluhan terberat saya adalah ketika memiliki anak, telinga berair saya kambuh, sudah bolak balik ke dt THT tak kunjung sembuh dgn berbagai merek obat tetes dan oral.
    Dokter memang menyatakan gendang telinga saya robek besar, dan dilakukan robtgen telinga untuk mengetahui lebih jelas lagi penyakit saya. Dan ternyata hasil rontgen menyatakan cairan saya sudah ketulang kepala penyebarannya sehingga obat apapun tak mempan. Jalan terakhir adalah operasi.

    Saya dirujuk ke dr THT senior, beliau memang menyarankan dioperasi agar penyebaran penyakit tidak menjalar luas. Prosedurnya adalah:
    -datang keRS, biasanya dilakukan tes audiometri untuk melihat kemampuan telinga mendengar dari suara dgn volume tinggi sampai rendah. Tes ini jg berguna untuk membandingkan kemampuan 2 telinga apakah bebeda jauh atau tidak.
    -Penjelasan hasil rontgen
    -Dokter akan memberi tahu kapan waktu operasi, dan sehari sebelumnya di lakukan tes lab untuk mengetahui kondisi kesehatan tubuh
    -berpuasa 12 jam (saya lupa berapa lama tepatnya)
    -Operasi hanya membutuhkan waktu tak kurang 3 jam dengan kondisi bius total. Dokter akan melakukan penyayatan di belakang telinga. Operasi ini berupa pembersihan infeksi dan rekonstruksi kerusakannya. Target operasi ini untuk memperoleh gendang telinga secara utuh dengan sistem penghantaran suara yang baik.
    -Operasi selesai, pasien masih dalam pengaruh obat bius, telinga ditutup dengan kasa perban.
    -Pasien hanya menginap semalam saja, dan esoknya sudah pulang.
    Hindari naik turun tangga, telinga terkena air, mengangkat beban berat, tidur miring, dan jika menggunakan jilbab hendaknya jangan terlalu ketat.
    -Setelah beberapa hari kontrol untuk membuka perban dan melihat jahitan telainga. Tampon yg ada ditelinga dikeluarkan, telinga akan terasa masih sakit pasca operasi, tp dengan obat2an yg telah diresepkan akan mengurangi nyeri.
    -Beberapa hari pasien kontrol kembali, untuk mengambil tampon telinga yg masih ada.
    -Jika sudah baikan dokter menyarankan untuk melakukan tes audiometri untuk mengetahui sejauh mana gendang telinga baru bisa menangkap suara.

    Terakhir saya kontrol kedokter bulan maret 2014, alhamdulillah gendang telinga saya masih bagus. Operasi yg saya lakukan sekitar juli 2010, seharusnya jika kita disiplin, kita sebaiknya membersihkan telinga 6 bulan sekali.

    Semoga bermanfaat

    • panghaidar / May 15 2014 12:27 am

      Terima kasih ibu mahirah, share pengalaman ibu sangat berharga bagi kami. Semoga lekas sembuh.. aamiin

    • Sahru / Aug 8 2015 5:07 pm

      Gan saya sudh 15th menderita penyakit ini, skarng salah satu telinga saya sudh tdk bsa mendengar, apakah dengn kondisi seperti ini masih bisa di sembuhkan?

      • Kholis Media / Aug 29 2015 1:52 pm

        Tergantung pemeriksaan dokter, kalo syaraf masih baik. Pendengaran bisa normal

  36. mulyadi / May 19 2014 7:05 am

    Assala mualaikum,,slam kenal maaf mas sya mau tanya untuk biaya operasi gendang telinga untuk tahun sekarang dalam katagori besar/sedang/kecil kira2 kisaran berapa2 ya mas?
    Mohon infonya, terim kasih.

    • panghaidar / May 24 2014 12:54 am

      wa alaikum salam, kyknya engga jauh beda mas.

  37. mulyadi / May 19 2014 7:20 am

    Assalamu alaikum,,,
    salam kenal, maaf Mas haidar saya mau tanya, kira2 untuk biaya operasi gendang telinga dlm katagori besar/sedang/kecil di RSCM untuk tahun sekarang berapa2 mas dlm katagori tersebut? Terima kasih monon infonya.
    Wassalamualaikum.

  38. Laksmi / Aug 19 2014 4:18 pm

    Aslmww, mau ikut bagi pengalaman, saya operasi telinga juga nambal gendang telinga bocor. Thn 2012, Di RS SS Medika di daerah salemba, dgn dr susana spesialis THT. Nama operasinya timpanoplasty. Dirawat cuman sehari. Biayanya sekitar 17 jutaan, kelas 3. Saya ke rs tsb. dirujuk dokter perusahaan suamiku. saya seneng karena selama ini kalau tes kesehatan mau masuk kerja suka gagal krn ada bolong gendangnya, dan cukup gede trus kadang suka berair. Yang terakhir tes nya sukses. Saya diterima kerja ditempat yg aku pengin. Alhamdulilah. Trus buat berenang juga enak. Dulu repot musti pake ear plug, mana suka nyeri. Pendengaran juga enak.
    Oh ya ops dirawat sekitar 1 hari, kontrol buat buka tampon sekitar semingguan. Pokoknya abis ops ketemu dokter itu sekitar 3x. Tahun lalu kontrol buat tes pendengaran sekalian cek kondisi gendang, syukurlah masih bagus hasil operasinya ….

    • panghaidar / Aug 27 2014 3:13 am

      Wa alaikum salam, terima kasih mbak Laksmi sharingnya ^_^ . Yang lain ditunggu ya

    • Luki / Feb 28 2015 10:53 am

      bu,
      itu operasinya berapa lama

  39. vick / Oct 5 2014 7:44 pm

    Gan.. Kira-kira bs sembuh gk ya..?? gendang Telinga uda bocor apalgi sudah di biarkan selam kurang lebih 20 tahun.. alhmdulillah adik gua msi sehat-sehat walaupun kadang dy rasa minder terhadap apa yg dy derita.. minta share-nya dong sma recomendasinya..

    • panghaidar / Oct 7 2014 3:11 am

      dicek periksa aja pak, tujuannya apakah syaraf2 masih normal atau engga. nanti ada simulasi nya.

      Kalo di Jakarta ke RSCM bagian THT.

  40. Purwanto / Dec 4 2014 3:58 am

    Salam Kenal mas Pang Haidar

    Saya membaca comment dari atas sampai bawah, ada yang bertanya mengenai implan koklea ?

    nisa / Oct 16 2013 8:08 am

    Assalamualaikum. maaf mas mau tanya, anak saya rencana dpt rujukan ke RSCM untuk implant koklea. Biasanya kalo ada rujukan langsung di operasi atau ada pemeriksaan/konsultasi awal lagi? Karena saya berharap hasil pemeriksaan lebih lanjut lebih baik kemungkinannya, pakai askes bisa ngga ya?…Mohon dijawab ya…Terima kasih banyak

    Apakah mbak nisa diatas ada email atau no hp, saya mau bertanya, apakah sudah operasi atau belum, karena saya punya anak kasusnya sama dengan mbak nisa yang bertanya tersebut.

    Terima kasih sebelumnya.

  41. agus / Dec 11 2014 3:46 pm

    salam kenal mas. saya perna cek telinga di RSCM kalo gak salah tanggal 12 nov 2014 karna pendengaran saya sudah berkurang, jadi saya cek ke rs tersebut. sy Tanya katanya gak bisa di operasi. karna bukan tujuan mereka untuk dioperasi harus pake alat bantu katanya. sementara kalo pake alat bantu ada yg cocok ada yang gak cocok. saya pernah pake alat bantu dengar telinga saya malah tambah sakit sudah gitu pendengarannya gak nyaring seperti orang normal, akhirnya saya gak pake alat bantu tersebut. solusinya terbaik gimana ya mas apakah harus di operasi atau harus pake alat bantu. kalo memang harus dioperasi kira2 berapa biaya operasinya. kalo pake BPJS bisa gak mas. mohon jawabannya. terima kasih…

    • panghaidar / Dec 17 2014 8:41 am

      engga bisa dioperasi kata dokternya? Mending ke RSCM aja mas, disana peralatannya sangat lengkap. Saya yakin apapun keluhannya pasti mereka tangani.

      Terima kasih

  42. hery / Dec 23 2014 1:01 pm

    hallo gan ane juga mengalami masalah pendengaran sekitar 12tahun sejak ane kerja di kapal sebelumnya ane pernah di pukul org di bagian telinga tpi gak ad luka nya. yang saya heran makin lama telinga ini makin gak dengar dan suka berdengung. ud bnyk x saya cek ke dokter tht biaya obatnya ga sedikit. sampai cek ke dokter malaysia juga cuma di kasih obat 3bln ja efek nya sama aj ga bisa dengar dgn jelas. terus saya pernah tes memasang alat bantu dengar yg paling bagus tetap saja ga bisa dengar dgn jelas. ane pengen tanya apa ad solusinya. soalnya di malaysia dokter bilang klo operasi gak jamin 100% bisa normal lg. biaya pun sangat mahal katanya. ane jadi ga berani periksa dokter lg semenjak itu. hanya meratapi nasib ane yg tuli ini. karena gak bisa kerja di darat gara2 kurang dengar. apa ada solusinya mohon di jawab

    • panghaidar / Dec 24 2014 5:00 am

      dikasih lihat engga mas, gendang telinganya masih utuh atau engga?

      • hery / Dec 27 2014 2:10 am

        menurut pemeriksaan banyak dokter katanya telinga saya gak ad rusak

      • panghaidar / Dec 31 2014 3:32 am

        gendang telinga utuh tapi pendengeran berkurang ya? saya bukan dokter tapi penjelasan yg pernh saya dengar, gendang telinga yg rusakpun kalo syaraf masih bagus, pendengaran masih bisa membaik dengan cara dibikin gendang telinga buatan, dari lemak.

        Semoga cepat sembuh

  43. Anto / Jan 11 2015 4:19 pm

    Pak / Mas….saya juga punya masalah gendang telinga yg berlubang dan sudah diketahui serta berobat sejak enam bulan yg lalu. Pertanyaan saya, apakah kalo ditambal dengan kertas akan ada operasi lanjutan untuk mengambil kertasnya nanti jika memang jaringan aslinya udah selesai tumbuh ?. kira kira hal itu dianjurkan oleh dokternya berapa lama setelah operasi tambal kertasnya?. Terima kasih sebelumnya.

    • panghaidar / Jan 12 2015 10:09 am

      Habis ditampal dengan kertas biasanya satu minggu, ntar kertas dicopot untuk memastikkan jaringannya tumbuh 100%, kalo belum nanti ditempelin lagi. Kalo udah tumbuh 100% baru dicopot kertasnya.

  44. Anto / Jan 11 2015 4:33 pm

    Bu Ayu anggraini dan Bu Laksmi, saya juga pernah berobat jalan di RS. SS Medika…yg ingin saya tanyakan kepada ibu Ayu dan Bu Laksmi, bagaimana efek telinga setelah di operasi ? apakah ada pantangan yg harus di lakukan misal : tidak boleh berenang, jangan sering / dilarang buang ingus kenceng, tidak boleh membersihkan telinga pakai cotton bud, etc..? Bagaimana kondisi telingan saat ini setelah sekian tahun selesai di operasi?.
    Terima kasih atas reply nya.

    • panghaidar / Jan 12 2015 10:11 am

      Kalo ditambal pake kertas, pantangnnya engga boleh bersin, jgn minum air es. Jadi harus jaga kondisi badan.

  45. Roikha / Jan 13 2015 8:57 am

    iseng2 baca2 testinya kynya dsni byk yg butuh info ya..
    tahun lalu sy operasi penambalan gendang telinga dgn operasi besar di rscm biayanya plus rawat inap dsb pokonya bersih habis 12juta, operasi besar hanya ditangani sm dokter spesialis telinga dan dokter spesialis telinga di rscm cm ada 2, dr.alfian sm 1 lg sy lupa.
    entah apa karna sy pke pembayaran tunai pribadi, menurut sy pelayanannya bagus cepet dan ga bertele2. Dan buat temen2 yg congekan menahun hilang timbul segera diperiksakan karena efeknya bisa vertigo sampai radang selaput otak.
    oiya buat yg pnya bpjs biayanya free loh..

    • panghaidar / Jan 20 2015 1:48 pm

      Pembayaran tunai emang kayaknya cepat pelayanannya 😀

  46. Arif / Jan 16 2015 3:40 am

    Pak sy mw tanya kbetulan td sy bru dri klinik utk brobt penyakit telinga yg mslhny sm persis sperti yg dcritakan dblog ini, dan sblmny sy sdh baca, kmudian sy tanya dokterny ttg niat sy yg mw oprasi, apakah bnr sblm dan sesudah oprasi kt dharuskan rawat inap? Dan antrian di rscm itu banyak? Mohon pencerahanny

    • panghaidar / Jan 20 2015 1:50 pm

      Kalo operasi besar bener harus rawat inap, kalo operasi sedang atau kecil engga dirawat inap.

      Semoga lekas sembuh ya pak

      • Arif / Jan 24 2015 5:07 am

        Update gan, hari ini sy ke rs pelni krn setelah cairan sdh kering dtelinga sy ternyta kyk msh da yg mengganjal, setelah konsultasi ternyta msh infeksi dan penangan hanya sebatas pemberian salep dan obt tetes dan antibiotik, tp knp gk dsuruh balik lg y utk proses penambalan pdahhal sy sdh blg ini sdh brlangsung dri kecil klo pilek dan hbs renang pasti kambuh dan sy minta utk penanganan penambalan tp dokter hanya blg “ia kt rencanakan” tp sy gk dsuruh utk balik lg gan bwt perkembanganny, apa yg hrus sy lakukan y gan agar telinga sy dpt dtambal dan telinga ini bs normal

  47. Trisna Rasa / Jan 25 2015 6:33 am

    Assallamualaikum semuanya .. slm kenal , bang haidar trmkasih udh share pengalamannnya sangat bermanfaat bgi saya .. saya jga sama punya penykit d telinga sejak kecil iya bgtu prosesnya kambuh , sembuh ,, pernah pas naek pesawat telinga rasanya mau pecah .. dan sampai saat ini msh belm smbuh umur sya 26thn bru kambuh lagi skrng , klo dulu d periksa cuma infeksi ajh .. tapi kemrin check up lg k dkter THT coba d bersihin telinga nya , karna d sertai demam juga ternyata telinga sya ‘jebol’ (bolong) dan harus d tambal yaitu d operasi .. langsung ngedrop dan lemas rasanya dengar operasi , , haduuhhh !!! yg saya mau tnyakan , sekrng keadaan telinga bang haidar gmn dan apkah ada efek sampingny pasca operasi ?
    Klo ada yg tinggal d bandung mohon info nya buat dokter bedah THT yg rekomen .. makasih .. wassalamm . .

    • panghaidar / Feb 1 2015 6:05 am

      setelah operasi pendengaran sangat baik. Efek samping engga ada karna operasi kecil, engga sampe mainin pisau operasi 😀

  48. anonim / Jan 28 2015 7:49 am

    arif cba priksa ke rs lain . klo sya kmrin cpet .

    1. di tanya kluhannya apa .
    J# g knpa” cmn pngn priksa aja .
    T: udah brpa lama
    J# udah dri kcil U 2Thn gra” wktu kcil main korek kuping .
    T: prnah brdarah ?? .
    wlo itu dlu tpi sya ttp jwab pernah pas kls 4sd sya pernah priksa and brdarah . dulu di kasih obat ttes tlinga T# nma obatnya msh inget g ???
    # g ingt dok . T#skrg masih brair
    J# udah enggak dok sjak kls2SMA tpi sya masih rutin pke ttes telinga tiap 6bln 7minggu 1 hri skli . trus ampe 6 bln lgi gtu tpi lbih enak pke yg tablet dok klo udah makan itu jdi lbih jls bla”””” pnjang lbar (sorry aga lupa)trus di priksa alhasil alhamdulilah tlinga sya baik” aja n udah kring trus . di priksa hidung jga miring engga (mungkin) priksa lidah juga (ntah buat apa blum prnah bca di internet klo bgian mulut ada hubungannya dgn tlinga) oya and g trlalu parah jadi msih ada kmungkinan pake obat/di tambal g di operasi .
    Kta rs yg sblumnya parah tpi kta RS di bandung pke alat komplit katanya gppa lega bgd dengernya tdinya aga shock pas priksa ke rs di garut krna di vonis parah harus operasi dan skrg sya masih rawat jln klo udah 10H ktanya minta datang lagi buat liat perkembanganya bla pke obat bagus pke obat aja ckup tpi ane blum tnya pke obat bsa nutup gendang apa engga mau crita apa lgi ya m… lupa 😀

    Yg tkut or malu di priksa sran sya priksa aja bkn hnya kmu tpi bnyak org yg kya kmu and di rs bhkan ada yg lbih buruk dri tlinga br air . pas sya k rumah skit saya tau 1 hal bhwa tlinga brair itu masih mnding dri pda skit tht lainnya . awalnya sya jga aga mlu cos saya U 19 . dokternya cw tpi enak si di pegang” cw Cantik tipe gue bgd lgi (muslim baik ktanya halus”)
    Tips klo punya wktu or libur sya g nyaranin loh tpi sya jga g sengaja .nmuin ini
    telinga sya ke masukam srangga tpi dri itu sya tau
    tipsnya buat yg punya libur/g kluar rumah coba tlinganya ttesin air anget pke tangan masukin tangan ke air anget trus kan ujung pling tengah pusqt air kbawah nah masukin air pke cara gtu 1 tangan masukin air 1 tangan pegang tlinga smbil di tarik ke atas biar telinga lurus(air langsung masuk tlinga iya dgn keadaan brbaring. tiap klo udah masuk miringkan air biar kluar jgn lama” lakuin itu trus sma 5/6 X inget jgn lama” biar klo br air g parah klo bsa minta bntu ortu . tangan ibu itu brbeda dri smua yg ada krna ibu hanya ada 1. nnti pasti tlinga akan brarir tpi klo sya g parah cmn di kit klo trasa ada air atau kya ada yg ngehalang jgn korek tlinga biarin aja berair ckup lap luarnya aja klo udah 2Hari brair pake tetes telinga (biar kring) klo udah 3H/udah g brair pke obat klo ane 3 macam .

    Di apotek ada ko total hrganya di bwah 100K++ hbis tu rasain tlinga kya lbih jls ane nmuin ini pas 3Minggu sblum ke dockter klo g slh mungkin krna itu jga hsil dri garut sma di bandung beda
    tipd ke 2 pas priksa audio logi klo g slah itu hari ke 2 pas udah di ronsen brhubung dah tau ane ksih tips sblum di cek coba pke hadset tpi jgn ada suara /buat tutup tlinga soalnya di rs brisik biar nnti pas tes kepekaan hsilnya lbih bagus buka hadsett di aktu yg pnting aja
    WARNING .
    di masukin air ane sengaja biar kotorannya kluar g usah di korek and lbih enak aja klo kluar sndiri dri pda di korek
    cmn tips buat yg tlinganya kya ada kotoran/menghalang di tlinga
    and inget ya air anget and jgn lama ckup udah masuk langsung miringkan biar g trlalu berair
    moga mmbantu
    tlinga klo udah di tutup hadset lbih pekka cba aja sndiri angin masuk aja brasa

  49. anto / Feb 8 2015 4:15 am

    Bung Arif….sepertinya masalah yg anda rasakan sama dengan saya. Saya juga begitu, tidak disarankan untuk operasi. Saya menebak, mungkin dokter saya dan dokter anda itu spesialis THT tetapi tidak spesialis untuk operasi THT. Akhirnya saya mencari second opninion ke RS yg mampu dan memiliki fasilitas operasi THT + memilih dokter yg mampu dan ahli untuk operasi THT. Bener dugaan saya, dokter hanya mengasih obat tetes tetapi setelah saya infokan keluhan pendengaran yg berkurang dokter langsung memberi saran untuk operasi. Tapi tetap saja keputusan ada di tangan pasien untuk operasi atau tidak. Saat ini saya masih belum operasi karena masih takut kalo dengar kata “operasi”, tetapi kalo melihat resiko dan berkurangnya pendengaran jadi semangat dan pengen banget untuk operasi….tak tau lah sampai kapan saya harus mengambil keputusan operasi.
    Kalo ada pembaca yg pernah operasi besar menutup lubang di gendang telinga dan bagaimana keadaan telinga dan pendengaran setelah operasi bisa tolong di share ke sini agar saya menjadi kuat untuk operasi.
    Thanks in advance…..

  50. Dewi / Feb 12 2015 7:55 pm

    Assalamualaykum mas panghaidar. Sebelumnya Makasih udh share pengalaman nya jazakallah ahsanal jaza.. Aq jg mw tanya mas, kemarin aq cek ke dokter Kty aq harus operasi dan biayanya sekitar 30jt an… Itu operasi kecil, sedang Atw besar ya.? Klo di surat rujukan aq di bilang OMP extra apa gitu.. Dan rumah sakit rujukan nya jg g di apa2in cm di bersih kn aja padahal katanya gendang telinga udah bolong. Ada rekomendasi kah rs yg penanganan nya bagus daerah balaraja Tangerang? Tlg di share ya.. Jazakallah

    • Kholis Media / Feb 13 2015 2:41 am

      Wa laikum salam mbak Dewi, saya sarankan mbak ke RSCM kalo masih sekitar Jabodetabek. Di RSCM penangannnnya tuntas, pasiennya juga diberitahu sangat detail tentang penyakitnya.

      • Dewi / Feb 13 2015 3:11 am

        Iya mas, pengen kesana. Oiya klo Pke bpjs kira2 mau menangani g ya? Mohon doanya spy Allah Mudahkan sy dkk disini sembuh seperti ms haidar ya 🙂

  51. Kholis Media / Feb 13 2015 3:42 am

    Bpjs bisa tapi saran saya untuk pemeriksaan awal pake tunai aja supaya cepat pemeriksaanya, kalo bpjs antrinya lama. Baru pas mau operasi pake bpjs, itu saran saya. Iya mbak semoga mbak dikasih kesembuhan, aamiin.

  52. tulus / Feb 13 2015 10:12 am

    mas, untuk oprasi penambalan apakah bisa menggunakan teknik donor lemak dari ibu atau bapak?? trimakasih…

    • Kholis Media / Feb 13 2015 1:39 pm

      Blom pernh denger yang kyk gitu, klo pun bisa mungkin biayanya lebih. Seperti pake obat2 untuk 2 orang, secara teori.

  53. putri / Feb 20 2015 12:39 pm

    Benar2 putus asa banget menunggu jadwal operasi di rscm..udh setengah tahun tp belum dapat jadwal..kira2 selain rscm yg bagus untuk operasi telinga menggunakan bpjs dimana yaa..sangat stress memikirkannya masalah jadwal operasi..

    • Kholis Media / Feb 20 2015 12:50 pm

      kalo bayar tunai habis berapa mbak? Mungkin banyak yg ngantri operasi pake bjps.

      • putri / Mar 16 2015 7:05 am

        kalo di rs ss medika yang disalemba bisa pakai bpjs gak?

      • Dewi / Mar 17 2015 5:26 pm

        Alhamdulillah.. Sy udh g kambuh2 lg walaupun blm di operasi, asalkan telinga kita tidak infeksi dan tidak kemasukan air. Klo mw wudhu kena air tdk masalah yg masalah klo air nya msk dgn kencang seperti berenang Atw keramas. maka solusi nya klo infeksi maka berobat dulu spy sembuh infeksi nya setelah itu klo mw keramas sebaiknya di tutup telinga nya, itu pengalaman saya 🙂 Makasih doa nya mas haidar dkk..

  54. anto / Apr 24 2015 9:08 am

    Alhamdulillah….saya telah lakukan operasi telinga untuk penambalan gendang telinga saya yg bolong. Saat ini udah normal kembali pendengaran saya.
    Terima kasih atas semua pengirim informasinya di blog ini yg membuat saya menemukan keberanian untuk menjalani operasi meskipun awalnya sangat takut dan ngeri. Ternyata bayangan pikiran tidak seseram kenyataan. Terima kasih juga kepada pemilik Pang Haidar blog atas informasinya yg sangat detail yg memberi manfaat kepada orang lain untuk memberi second opinion dalam mengambil keputusan.
    Thanks a lot for all of you……

    • Kholis Media / Apr 24 2015 9:40 am

      Alhamdulillah, senang banget dengernya. SELAMAT! 😀

    • Arif / Apr 24 2015 11:18 am

      Pak anto bs dshare operasi di rumah sakit mana, dan berapa biaya yg dikeluarkan pak? Dan rawat inap brp lama pak?

  55. Alisya / Apr 26 2015 2:13 am

    Saya juga menderita penyakit congekan dari kelas 2 smp. Dan sekarang saya sudah kelas 3 sma, tinggal nunggu pengumuman doank. Saya mau tanya apakah dengan operasi telinga saya bisa sembuh, apabila bisa sembuh berpakah persen? Gendang telinga saya sudah sobek cukup besar. Trims.

    • Kholis Media / Apr 26 2015 4:13 am

      Kalo syaraf masih baik, pendengaran bisa kembali baik mas. Moga cepat sembuh

      • Ryandi / Jun 9 2015 4:15 am

        Mas, hasil endoscopy menunjukkan kalau telinga saya robek/mengalami porforasi sekitar 30%. Apakah kondisi seperti yang saya alami masih bisa diatasi dengan tempelan kertas tanpa operasi besar?
        Terimakasih

      • Kholis Media / Jun 13 2015 2:02 pm

        sepertinya cuma ditempel kertas, itu kalo jaringan merespon dengan cara tumbuh kembali gendang telinganya. Kabarin kita2 ya hasilnya.

  56. anto / Apr 26 2015 4:32 pm

    Pak Arif, saya operasi di RS SS Medika di Salemba Satu jakarta, dengan dokter Prof. dr, Helmi. Masalah biaya disana ada beberapa pilihan kelas. Rawat inap 1 hari 1 malam setelah operasi.
    Untuk biaya, saya tidak memakai asuransi krn saya memang tidak punya asuransi. Sebagai informasi, sebelum operasi kebetulan saya mengajukan dan mendapatkan cicilan 0 % dari salah satu bank penerbit kredit card dan mendapatkan cicilan bunga rendah dari salah satu bank credit card yg lain. Saya mengkombinasi pembayaran agar biaya menjadi ringan.
    Alisya….sebaiknya segera di periksa kan ke dokter specialis THT agar anda mendapatkan informasi yg detail dan lengkap. Saya menderita gendang telinga yg bolong sudah 9 bulan, berharap gendang telinganya menutup dengan sendirinya. Namun, sampai 9 bulan belum menutup juga malahan kualitas pendengaran saya makin turun dan sangat mengganggu kerja saya. Oleh karena itu saya putuskan untuk operasi agar kualitas pendengaran menjadi lebih baik, menghilangkan resiko infeksi berulang krn lubang sudah tertutup.

    • Arif / Apr 26 2015 4:53 pm

      Wah enak bgt pak anto bs pke cicilan 0% pula, itu bank apa y? Klo boleh tau total biayany brp y pak?

  57. anto / Apr 28 2015 4:16 am

    Mungkin total dan biaya lab di luar rumah sakit sekitar lebih kurang 35 jutaan. Hampir semua bank penerbit credit card memberi fasilitas cicilan, cuman saya mencari yg bunga nya paling kecil dan tenornya lebih lama. Tinggal di cek dan telpon saja satu-persatu ke bank credit card anda pak arif. Mana yg memberi kemudahan silahkan dipertimbangkan.

  58. risky ammanah / May 22 2015 3:31 pm

    Mas, katanya sodara saya gendang telinganya rusak. Rasanya suka sakit telinga dan panas dingin kalau sedang kambuh. Tp tidak pernah keluar cairan, malahan bagian dlm telinganya kering dan *maaf, kotorannya mengeras. Apa benar itu gendang telinga rusak?

    • Kholis Media / Jun 13 2015 2:00 pm

      maaf mas saya engga bisa menerawang, saya sarankan ke dokter THT. Rata2 200rb per konsultasi

  59. Ryandi / Jun 8 2015 12:09 pm

    Selamat malam mas Haidar, bagaimana kondisi gendang telinganya pasca penambalan mas? Apakah baik2 saja sampai saat ini?
    Mas, gendang telinga saya berlobang sekitar 25-30%. Apakah telinga saya masih bisa diperbaiki dengan tambal kertas tanpa operasi besar?
    Terimakasih

    • Kholis Media / Jun 13 2015 2:01 pm

      segitu mah kecil mas, waktu itu kerusakkan gendang teling kira2 45-50%. Sekarang udah sembuh.

      • deni / Jun 15 2015 2:03 am

        mas kalo oprasi di rscm proses nya cepat ngga? apa bisa satu hari cekup langsung oprasi

      • Kholis Media / Jun 16 2015 7:28 am

        Engga bisa seharian, mesti ada proses pemeriksaan sebelum operasi.

      • Ryandi / Jun 16 2015 6:48 am

        Ok mas, terimakasih infonya
        Kalau boleh tau, apakah benar pasca operasi kita tidak boleh olahraga mas? Apa2 saja yg dilarang pasca operasi?
        Btw, dokter yg operasi mas namanya dokter apa?
        Terimakasih

      • Kholis Media / Jun 16 2015 7:30 am

        Iya olahraga juga dilarang, engga boleh bersin jadi jangan begadang, minum es. Makan pedes juga engga boleh

      • Ryandi / Jun 17 2015 7:38 am

        Selama berapa lama mas kira2 tidak bisa melakukan aktifitas berat seperti olahraga?

      • Kholis Media / Jun 30 2015 10:42 am

        sekitar 2 minggu mas

  60. Kholis Media / Jun 17 2015 7:57 am

    Sekitar 2minggu

  61. cali / Jul 13 2015 5:42 am

    Hi Mas, telinga saya berdenging sudah bertahun tahun dan sekarang semaking menggangu. apa ini ciri gendang telinga yang bolong juga?

    Thanks

    • Kholis Media / Aug 29 2015 1:42 pm

      Bolong tidaknya gendang telinga pastinya harus diperiksa, nanti kita bisa lihat melalui kamera. Klo telinga pernh keluar nanah itu dipastikkan berlubang, cuma seberapa besarnya bolong tetep harus diperiksa.

  62. Erry Febriansyah / Aug 10 2015 9:27 am

    gan, istri saya baru pagi ini diketahui mengalami gendang telinga pecah. menurut dokter umum yang kami datangi, yang menjadi penyebab adalah flu/pilek yang istri saya derita selama seminggu. karena hidung mampet, jadi lendir memaksa keluar dari gendang telinga, sehingga gendang telinga bocor dan mengeluarkan lendir. tapi tidak berbau. sebenarnya dokter tsb menyarankan untuk di observasi dulu selama 5 hari sambil diobati dengan obat-obatan yang diberikan. namun karena istri saya sudah ketakutan akan menjadi tuli total, dia meminta untuk berobat ke rs spesialis THT. dari yang saya baca ada beberapa pilihan, seperti rscm atau rs THT proklamasi. dari kedua rumah sakit tsb, mana yang lebih bagus dalam hal pelayanan dan dokter. mohon infonya gan. terima kasih.

    • Kholis Media / Aug 10 2015 9:53 am

      RSCM lengkap pak, saran saya di RSCM

    • udin / Aug 11 2015 3:50 pm

      Bang salah satu telinga saya sudh tidak bisa mendengar, apakah dengan kasus ini bsa disembuhkan?
      Oia sblm di oprasi dokter memberi obat apa yah?

      • Kholis Media / Aug 16 2015 10:03 pm

        Kalo hasil pemeriksaan menyatakan syaraf masih baik, wlpun sekarang kita engga bisa memdengar krna sakit. Nanti dokter akan mengambil tindakkan untuk mengobati, seperti menambal gendang telinga. Kuncinya baik ato tidaknya syaraf telinga.

  63. Marfuah / Aug 16 2015 12:38 pm

    maaf operasi nya bisa langsung pulang egk ya? Masalah nya saya punya bayi,dan kira2 sekarang berapa biaya operasi nya di RSCM ya? Mohon info nya 😞

    • Kholis Media / Aug 16 2015 10:04 pm

      Operasi kecil bisa langsung pulang

      • udin / Aug 20 2015 6:12 am

        Kira2 perbannya boleh dibuka brp lama n penyembuhannya brapa lama? masalahnya msh aktv bekerja..

      • Kholis Media / Aug 20 2015 10:46 pm

        Seminggu mas

    • Kholis Media / Aug 28 2015 10:26 pm

      Bisa langsung pulang kl operasi kecil sama sedang mah. Cek langsung aja mbak di lantai 2, kayaknya engga jauh beda.

  64. Jhon / Aug 23 2015 9:51 am

    Asslamu’alaikum..!! Mas mw taxa, menurut pengalaman mas, berapa lama (tahapan) operasi Besar di lakukan…???

    kondisi sakit di telinga kiri uda puluhan tahun mederita. yg saya kawatir jangn smpe ud tembus di bagian lapisan luar otak kiri saya. krna diagnosanya dokter, ud bolong semua telinga kiri saya.. jd saya minder dan pesimis u/ cek-up rutin ke dokter. saya pengen sekali u/ menghentikan aliran nanah yg tiap saat mengalir, walawpun saya tau gk bs mendengar lagi.

    Apa ad cara u/ mengehentikan caiaran tersbut..??
    saya ikhlas di jadikan sampeL penelitian THT, krn ini ud lebih 20 Tahun, saya sprti ini. dan smpe skr alhmdulillah masi keadaan baik2 sja.

    Trims Seblumnya.

    • Kholis Media / Aug 23 2015 11:28 am

      Wa alaikum salam. Pernah bincang2 dengan orang yg habis operasi besar, tahapannya hampir sama dengan yg saya tulis.

      Wlpun telinga udh bolong semua, belum tentu syarafnya rusak wlpn udh bertahun2. Untuk itu baiknya mas periksa, trs tanya gmn kondisi syarafnya.

      • Jhon / Aug 23 2015 4:48 pm

        Mkasih Mas seblumnya..!! selain kondisi syaraf, apalgi yg perlu di perhatikan ?? krna jenis obat dalam atw luar suda resisten smuaxa.. alias gk mempan.. cumn bertahan beberapa hari.

      • Kholis Media / Aug 28 2015 10:23 pm

        Konsultasikan maslah resis wktu diperiksa, mudh2an bisa membantu dokter obat apa yg cocok.

      • Kholis Media / Aug 23 2015 5:39 pm

        Tekad kuat buat sembuh 🙂

  65. veronika / Aug 29 2015 1:32 pm

    þ Saya penderita congekan dari kls 4 SD krn sya sring main2 di airr . Telinga kemasukan air lalu sya sring korek2 .telingga brnanah wrn kuning ,,stlh sya kelas 2smp pernah di periksa bahwa gendang telinga saya sobek .dan tdk ad tindak pgobatan lanjut..stlh saya SMA saya acuh tak acuh dgn kondisi saya yg kdg brair , wrna putih brbau kdg juga brdarah..tpi stlh saya tamat SMA saya trgngu dan takut juga … saya inggin masuk kuliah takut , krn ga bsa dgr dgn jelass ..saya minta solusi nya yg bnr2 bagus untuk kondisi saya bagaimana???
    Saya menjdi dipenuhi rasa takutt….mohon sms dinomor ini 085652229983 …saya inggin brtnya2 pd org yg prnh mgalami yg sama..buat yg punya blog ini mohon partisipasinya mohon bgt .trimsh

    • Kholis Media / Aug 29 2015 1:50 pm

      Kejadianya hampir sama mbak, makanya beranikkan diri buat diperiksa. Jangan khawatir, dokternya ramah2 dan hati2. Kurang pendengaran memang bisa jadi penghalang bersosialisasi, jgn dibiarkan mbak. Beranikkan diri periksa, mudah2an kedua syaraf gendang teling mbak masih baik dan lubang gendang telinganya engga terlalu besar, sehingga cukup operasi kecil saja.

  66. veronika / Aug 29 2015 11:10 pm

    iya ,, saya akan mncoba dn periksa dlu kdokter THT, krn ga mkin jga kuliah dg kondisi telingga brnanah jg krg dengar,, ..kak apa bedanya RSCM dgn Rumah sakit? apa RSCM itu memang udh khusus untuk telingga kah ?
    oiya kak untuk operasi besar itu diapakan? untuk operasi kecil juga ?….
    dan gimana cara dokter ngoperasinya, dipotong gak telingga? saya jdi takut seandainya tlinga saya dioperasi takut nya dipotong itu ,,,!!!
    mohon dijwb ya ap yg sya tnyakan .trims

    • Kholis Media / Aug 31 2015 11:41 pm

      Sama aja sebenarnya RSCM sama RS lainnya, baru punya pengalaman di RSCM aja, terus pelayanannya juga ok.

      1. Operasi kecil = ini kalo lubang telinga lubangnya engga lebih dari 60% an. Gendang telinga ditempelin kertas untuk menutupi gendang telinga, yang nanti gendang telinga akan tumbuh sendiri.

      2. Operasi Sedang = gendang teling ditempelin sama lemak.

      3. Operasi besar = Engga sampe dipotong putus 😀 . Toh nanti juga pas operasi kita engga ngerasain apa2 😀

  67. veronika / Aug 30 2015 9:52 am

    halo ..sya brharap sekali apa yg sya tanyakan dijawab oleh kakak … god bless your Tuhan memberkati

    • Taryo Kusuma / Jan 23 2016 3:33 am

      halo mba veronika apakah sudah sembuh sekarang

  68. veronika / Sep 11 2015 7:19 am

    kemarin di periksa dokter tht katanya gendang telingga nya bolong…dn kata ny mesti operasi untuk mencegah infeksi berulang…tapi Puji Tuhan dokter bilang nanah ditelingga ny gak banyak…ini harus disyukurin karna telingga aku udh 9thn brnanah ada nya kadang2 jga sh itu slm 9thn..dan ak tnyk dokter, ad apa ndk kapas cooton bud trtinggal didlm telingga .mngigat sya sering korek kuping pke coton bud ,dn dokter bilang tdk ada !
    o iya kak wkt itu diperiksa cmn pke satu alat sja kah ..?? trims

    • Kholis Media / Sep 12 2015 8:42 am

      karna sampe operasi kecil, alatnya macem2 hehehe.
      Terus kata dokter gimana mbak?dioperasi engga?

  69. veronika / Sep 13 2015 11:16 pm

    dokter blg harus dioperasi krn gdng telingga nya udh bolong , ,,. tp ga tau besar ,sedang atau kecil jenis operasinya.
    operasi kecil .alat nya udh macam2…jdi takutm..
    klo mnurut kk operasi jenis apa bt sya?

    • ikram / Sep 23 2015 4:52 am

      Mas saya mau nanya,kuping kanan saya kayaknya jebol,ceritanya pas saya kecil umuran 4-7 klo gg salah ayah saya membersihkan telinga kanan sya dan pas kena gendang teliga terasa sakit dan kyaknya tembus,skrng pendengaran telinga kanan 20-40% ,apa ada solusi atau gmana skrng umur saya 21 thanks

      • Kholis Media / Sep 23 2015 8:47 am

        1. Cek ke dokter untuk mengetahui keadaan syaraf. Kalo masih bagus, pendengaran bisa membaik
        2. Kalo 40% mah kecil mas, jadi harus cepat2 diobatin, khawatir syarafnya tambah memburuk.
        Semoga cepat sembuh
        Terima kasih

  70. veronika / Oct 14 2015 10:59 pm

    telingga kiri saya . brbunyi krek krek .tiap hari brbunyi namun kadang2 saja dlm satu hari . bunyi kdg klo udh bersin dan menguap .itu kenapa ya . dn supaya tidak lagi bgtu .hrus bgaimana kak? trims

    • Kholis Media / Oct 18 2015 12:44 pm

      Sepertinya gendang telinga Mbak berlubang, ada air kejebak disana. Lebih baik periksa ke spesialis THT aja mbak, biaya kira2 200rb an

      • Risman / Oct 21 2015 5:45 pm

        Info nya bagus bgt gan….ane 2 minggu lalu ke tusuk cotton bud….trus di obatin pake obat tetes dr apotik….gak malah sembuh gan…malah keluar cairan bening n gatel nya minta ampun????apakah itu akan di operasi juga ???untuk berobat ke rscm buka jam brapa??? Biaya nya berubah gak gan seperti yg di posting…thanks gan…mohon pencerahan

      • Kholis Media / Nov 10 2015 2:07 pm

        Kalo keluar cairan berarti telinga agan ada infeksi, kalo udah infeksi artinya telinga agan juga berlubang. Cuma seberapa besar lubangnya harus ke rumah sakit untuk jelasnya.

        RSCM buka dari jam 8 pagi.

        Semoga cepet sembuh

  71. umi / Oct 24 2015 9:26 pm

    .dibagian mana klo dioperasi, di jait engga itu telinganya
    .mksh

    • Kholis Media / Nov 10 2015 2:07 pm

      Telinga kiri mba, engga dijahit cuma ditempelin kertas.

  72. anto / Oct 29 2015 2:56 am

    Mbak Veronika….konsultasi dulu ke dokter THT specialis….kalo memang dianjurkan operasi berarti itu cara satu satunya untuk menghilangkan penyebabnya. operasi…gak sakit kok..karena di bius total..malahan abis operasi telinga relative kembali normal kualitas menerima suara yg masuk.

  73. VERON / Nov 11 2015 8:59 am

    kalau operasi untuk bolong total berapa biaya yang diperlukan???
    apakah mas pernah operasi besar???

    • Kholis Media / Nov 11 2015 10:01 am

      Tiap RS biayanya beda2, pernah nanya yang di operasi besar di RSCM biayanya 7-10 juta.

  74. sriati / Nov 30 2015 9:53 am

    selamat sore Pak,saya mau nanya….kalau untuk operasi memperkecil lubang di daun telinga bekas lubang anting bagaimana prosedurnya ???

    • Kholis Media / Nov 30 2015 1:24 pm

      Sore juga mbak. Wah kurang tahu kalo soal ini, maaf.

  75. Rahmah nanda putri / Dec 10 2015 9:51 am

    Mau tanya mas, pasca operasi kecil apa yg dirasa? Sakit ga? Soalnya saya juga kena OMSK. Tp takut mau operasi. Thanks

    • Kholis Media / Dec 10 2015 10:02 am

      Engga sakit mbak, cuma kesel aja krna hati2 sama bersin ato batuk hehe

      • Taryo Kusuma / Jan 23 2016 3:40 am

        mas kholis FB nya apa yah? ada sedikit yang mau sy tanyakan

      • Kholis Media / Dec 21 2016 11:24 am

        fb.com/kholismuhaimin mas

      • Taryo Kusuma / Jan 23 2016 4:01 am

        bisa minta no Hpnya mas

  76. Joko / Jan 23 2016 2:14 am

    Boleh pake askes tidak ya

  77. Joko / Jan 23 2016 2:20 am

    Kalo biaya pake askes boleh tidal y?

  78. Taryo Kusuma / Jan 23 2016 3:37 am

    Selamat siang saya mau bertanya.
    saya sangat senang dengan tulisan di atas yang sudah saya baca,
    kalo operasi penambalan gendang telinga pake askes bisa tidak Y?

  79. Taryo Kusuma / Jan 23 2016 3:59 am

    mas kholis bisa minta no Hp nya?

  80. Eko c / Feb 11 2016 2:03 am

    Maaf saya mw nanya, klw cotton bud (ukuran kcil) tertinggal di dalam telinga apakah berbahaya?

    • Kholis Media / Feb 17 2016 1:27 am

      Telinga mempunyai kemampuan mengeluarkan kotoran dari telinga. Tapi sebaiknya cepet2 di ambil mas

  81. Agus / Feb 16 2016 10:23 pm

    Gan obat telinga berair apa n seblum operasi dikasi obat apa?

  82. ikha / Feb 17 2016 6:40 am

    saya abis operasi besar habis 13jt prosesnya panjang sblm betul2 diputuskan untuk hrs operasi.. klo mau tnya2 wa aja 08990070190

    • Kholis Media / Feb 17 2016 6:58 am

      Terima kasih udah mau berbagi pengalamannya Ikha ❤

  83. hafiizh / Mar 1 2016 10:56 am

    mas numpang nanya.
    istri aku telinga nya bernana.
    apa harus d oprasi.
    terus biaya nya brapa.

    • Kholis Media / Mar 3 2016 11:23 pm

      Sebelum dioperasi, dokter juga memastikkan tidak ada infeksi di telinga. Infeksi telinga bisa diobatin dengan Otopain atau obat tetes telinga lainnya. Terima kasih

  84. Carine / Mar 12 2016 4:49 am

    Mas saya kan ga sengaja kena tabok keponakan saya pas di telinga sblh kiri. Stlh itu pendengaran sya sblh kiri lgsg pengang, bicara pun sblh kiri bindeng. Krn pas kecil sya renang telinga kanan saya kmsukan n air dan sudah bolong. Tp skrg telinga kanan dh aman” aja dl prnh keluar cairan skrg tdk, skrg ditambah yg kiri kata dok bolong, tp pas kejadian tidak keluar cairan/darah. Tp dh smnggu ini telinga kiri kl mendengar suara appun sprti ada efek terpantul suarany, dan mah bindeng sblh kiri kl bicara. Stlh sya baca postingan mas sya ingin rasany operasi, tp sya takut mas akn efekny stlh operasi. Stres sekali krn ga nyaman dng telinga kiri sya, apa efek bindeng n pengangny hanya smntara ya mas? Krn smp hidung sblh kiri jg berasa ga nyaman. Oia mas dl operasi kecil kah? Mhn petunjukny ya mas, makasih … 🙂

    • Kholis Media / Mar 12 2016 5:58 am

      Iya mbak cuma operasi kecil. Opeasi kecil yg saya jalani berefek pendengaran semakin baik dan sangat membantu sekali. Jangan terlalu paranoid denger kata ” operasi” 😀 .

      Tujuannya sangat baik sebenarnya opersi itu,mencegah infeksi di telinga dalam, dan kalao sarafnya masih bagus ketika gendang telinga ditambal bisa memingkatkan pendengaran.

      Semoga cepat sembuh 🙂

      • Carine / Mar 12 2016 6:28 am

        Makasih mas udh di bls, sngt mmbntu skli. Jd sya msk operasi kecil ya dng kasus sprti td, krn kan mas sndri prnh alamin sdkt bnyk pst tau :). Sya sdh mnm obat dokter tht baru kmrin hbs. Dl mas sndri pas gendang telingany bolong merasakan bindeng ketika bicara n pengang di kuping? Itu akn hilang tdk mas dlm wkt sbln ato lbh. Makasih..

  85. F20 / Mar 23 2016 1:24 pm

    Senin 21 maret 2016 pengalamanan yang tak terlupakan, saya habis operasi tht di bius jam 1 siuman jam 6, alhamdulillah selama operasi berjalan saya g ada mimpi aneh aneh2, Ini sudah munuju 3 hari pemulihan, intinya klo kesehatan itu mahal gan jangan2 di tunda2, Thank’s Dokter Wahidin Makassar 🙂 Pelayananannya sangat baik

  86. yonn / Mar 27 2016 8:49 am

    Mas, keluhan sya sma seperti yg lain nya,kondisi telinga sya makin parah,
    Sya mulai menderita gendang telinga robek dari tahun 2012-2016,tetapi sampai skrg masih infeksi, kira” kalo di operasi apakah masih bisa?? Thanks.

    • Kholis Media / Mar 27 2016 10:49 am

      Bisa mas, segerakan diperiksa mas biar tahu kondisinya. Semoga cepat sembuh

  87. Vicia / Apr 2 2016 5:45 pm

    Ikutan sharing ah…
    Hari ini coba “wisata” dokter tht ke RS SS Medika. Di pegang sama Prof Dokter Helmi. Alhamdulillah puas. Sebelumnya coba di beberapa RS ,mau Rs murah sampe Rs mahal tp ga puas dg dokternya yg ga kooperatif, n sesukanya ngeresepin obat yg terkadang ga di perluin. Apalagi di kasih bejibun antibiotik,ttp aja ga sembuh..

    Di Rs ini saya sukanya tadi liatin kondisi telinga pake kamera, jd kita tau gmn kondisi dalem telinga kita.
    Ga diresepin apapun, cuma dikasih tampon yg bersalep. Masih belum sembuh sih…tapi puas dengan pelayanannya …

    Untuk sekelas Profesor dan fasilitas alatnya, RS dan Dokternya termasuk lebih murah drpd RS swasta lain yg sy masuki….

    Terimakasih infonya ya mas..sangat membantu sekali…

    • Maulita / Jun 25 2016 4:31 am

      Hallo sayy km kasus gendang telinga bolong jg, trs prof helmi saran di salep dl ya, sdh tumbuh jaringan full di lubang itu? Aq pas sbln kejadian lgsg siy berobat kedua ke tht ss medika. Yg km rasain mmg pas di salep apa sayy? Trs sdh normal kembali? Share share yaa 🙂

  88. Andiar Putra / Apr 6 2016 4:52 am

    selamat siang mas mba semua
    anak saya umur 11 tahun sedang menderita penyakit seperti yang dibahas disini. Gendang telinga berlubang dan infeksi sudah mengenai tulang pendengaran. Hasil CT scan menyatakan harus dioperasi, kalau merujuk postingan mas Kholis sepertinya operasi besar ya, permasalahannya tidak ada rumah sakit di Batam yang bisa melakukannya sehingga opsi yang ada lakukan operasi di Jakarta (rujukannya ke rs proklamasi) atau spore. hasil googling dapatlah detail rs proklamasi, cuma lagi nunggu konfirmasi dokter nya yang katanya harus selalu keliling indonesia memberi pengajaran ke ruamh sakit daerah.

    merujuk info mas Kholis lagi, RSCM juga bagus dalam hal pelayanan dan operasi THT. mengingat kami dari luar Jakarta ingin saya tanyakan proses operasi besar itu makan waktu berapa lama, termasuk pasca operasinya, estimasi total biaya. Akan sangat bersyukur kalau temen temen disini bisa memberi masukan agar kami bisa mempersiapkan operasi anak lelaki kami. Karena berdasarkan keterangan dokter dari hasil scan agak mengkhawatirkan kalau infeksi sampai ke batang otak atau syarafnya.

    Terima kasih atas sharing teman teman disini, sangat membantu kami mendapat referensi. saya bisa dikontak melalui email andiar736@gmail.com, atau WA ke 085276198424

    • Kholis Media / Apr 6 2016 8:19 am

      Selamat sore pak andriar . Saya ingat sedikit cerita pasien yang sudah operasi besar. Mungkin butuh waktu sebulanan untuk kalo diperiksa dari awal sebelum diopersi.
      Setelah diperiksa, pasien tidak langsung diopersi tapi nunggu antrian, lamanya tergantung.
      Karna udah dapat rujukkan mungkin waktu sebulanan yang saya katakkan di atas bisa dipangkas.
      Atau bapak ke rscm sehari dua hari untuk mendengarkan pengalaman pasien yang mau diopersi besar.
      Semoga lekas sembuh.

    • Kholis Media / Apr 6 2016 8:22 am

      Untuk biaya terakhir saya tanya ke dokter maupun pasien yang udah diopersi sekitar 7juta ke atas. Saya lupa dia pake jamkesmas/askes atau pembayaran tunai/biasa

      • sandi / Apr 9 2016 9:07 pm

        bang, telinga aku udah bolong banget, udah pernah kena daging tumbuh n’ pernah di operasi juga telinganya
        misalkan syarat pendengaranya udah ga berfungsi, apakah masih bisa di operasi?
        Karena telinga bolong ini sangat rawan infeksi, kotoran dan debu juga sering kali masuk dan membuat kotoran mengeras

        kalau syarat udah ga berfungsi apakah masih ada harapan untuk mendengar?

  89. wareagle / Apr 12 2016 8:41 am

    Saya baru operasi di RS. Advent Bandung hari jum’at kemaren sampai dibius total, ini masih dipakai perban. Ada yg senasib sama saya yg sudah pernah dioperasi? Yuk sharing lewat wahstapp aja soalnya saya jarang buka blog 083820721772

  90. wareagle / Apr 12 2016 8:43 am

    Saya baru operasi di RS. Advent Bandung hari jum’at kemaren sampai dibius total, ini masih dipakai perban. Ada yg senasib sama saya yg sudah pernah dioperasi? Yuk sharing lewat wahstapp aja soalnya saya jarang buka blog 083820721772.

  91. Khalik Aryo Wibisono / Apr 19 2016 2:50 pm

    Assalamu alaikum …
    Salam kenal semuanya. Sebelumnya saya ucapkan terimakasih buat Bpk Pang Haidar yg sudah buat topik ttg operasi gendang telinga yang bolong ini. Januari tahun lalu saya dan istri cari2 info tentang operasi telinga buat istri saya. Istri saya menderita OMSK atau gendang telinga bolong dan kadang berair di kedua telinganya. Pendengaran juga turun. Setelah baca blog ini, kami memutuskan ke RS SS Medika di daerah Salemba. Disitu ada 2 Dokter THT yang katanya rekomen buat ops telinga setelah saya baca2 dari bbrp blog. Akhirnya istri saya memilih ke dokter Susana spesialis THT alasannya pengin yg pegang dokter wanita. Kebetulan ya langsung cocok ketika ketemu dokternya yang telaten. Walaupun masih muda banget kelihatannya … Kami Bismillah dan pasrah saja …

    Ceritanya bagaimana prosedur operasinya hampir sama dengan pengalaman teman2 diatas. Biayanya 1 telinga, ada pilihan kelas, sekitar 20 jutaan lebih buat kelas 3. Kami pilih kelas 3 krn setelah operasi telinga kiri duluan bulan februari 2015, bulan april 2015 gantian ops telinga sisi kanan. Pokoknya istri saya bercita-cita pengin berenang. Setelah operasi dirawat 1 hari. tapi seblm operasi ada prosedur periksa darah, rontgen dada, periksa pendengaran, konsul ke dokter yg akan melihat kondisi sblm operasi, agak ribet …

    Alhamdullillah, operasi kedua telinga berjalan lancar sesuai harapan. Setelah operasi yg sisi kanan (ops ke dua) sempet ada komplikasi basah lagi … ternyata ada jamur. Di pasang kasa kecil dikasih obat langsung kering 3 hari kemudian … Sejak bulan Agustus 2015 istri saya sdh boleh berenang. Cita-citanya buat bisa berenang lagi terkabul. Pendengarannya juga naik (dicek secara berkala ditempat yg kedap suara), beberapa kali kami cek di RS pake kamera keliatan gendangnya tumbuh seperti gendang normal (dibandingkan dengan saya punya … eh ikut periksa gratis jadinya saya). Yang kiri yang lebih parah makanya operasi duluan, di operasinya dari belakang daun telinga. Bekas sayatannya juga sdh gak kentara lagi seperti lipatan telinga saja. Kalau yang kanan operasinya dari liang telinga. Sama sekali tidak ada bekas.
    Sempat di bulan November 2015 dia mengeluh telinganya nyeri hebat, sebelumnya pilek. Wah kami panik, terbayang telinganya kenapa kenapa. Setelah dicek dokter Susana, ternyata ada radang telinga karena pileknya itu. Kata dr Susana, yg orang normal telinganya juga bisa mengalami radang seperti itu. Jadi kami diminta tidak panik … diberi obat makan 3 hari kemudian membaik lagi. Tapi kami jadi tau bahwa yang harus dihindarkan sekali adalah pilek. Dr Susana SpTHT ada memberi resep obat semprot hidung tiap istri saya pilek. Alhamdulliah sekarang gak pernah sakit lagi telinganya. Dan kegiatan berenang 2 minggu sekali masih diijinkan oleh dr Susana.

    Saya ingin sharing juga cerita anak sulung saya yang sakit telinga. 3 minggu lalu anak saya terbang ke Bali acara sekolahnya dalam keadaan pilek. Pulang dari Bali nangis2 karena telinganya sakit hebat. Sudah sempat minum obat dari dokter umum yg dia datangi di Bali. tapi blm ada perubahan. Saya bawa ke dokter Susana, yg saya surprise pengobatannya adalah, ditusuk gendang telinganya …. Wah mula2 anak saya gak mau, takut. Tapi kami bujuk walau sebenernya sebagai ortu kami kuatir juga. Tapi kami percaya pada dokter pasti yg terbaik. Sebelumnya telinganya di baal kan (dibius) pake cairan bius yg disemprot ditellinga sama ditaruh kapas. kemudian 15 menit kemudian pake mikroskop, telinganya ditusuk menggunakan jarum panjang … dan langsung enakan kata anak saya … gak terasa sakit ketika ditusuk … Trus dikasih obat makan 1 macam buat supaya radang nya hilang. Kata si dokter seminggu juga yg dibolongin gendangnya itu bakal nutup.

    Aneh ya … Istri saya bayar mahal buat ditambal gendangnya spy enak dengar, eh anak saya yg gendangnya utuh malah dibolongin juga supaya enak dengarnya … hahahaha ….
    itulah ilmu kedokteran …
    Sekali lagi Alhamdulillah ….

    • Kholis Media / Apr 19 2016 3:09 pm

      Terima kasih pak khalik sudah mau berbagi pengalaman, dengan pengalaman bapak mudah2an calon pasien tidak ragu untuk melakukkan operasi.

      • roberto / Apr 29 2016 8:32 am

        Mau nanya.. kalau pakai BPJS apakah biayanya ditanggung full ? Atau bagaimana ya ?

  92. rizqiamali4 / Jun 2 2016 2:22 pm

    Assalammu’alaikum, saya terkesan baca bloognya. Memberi banyak info buat saya. Saya juga mengalami penurunan pendengaran sejak sd krn suka bapil kali ya. Pernah k rs uki bagian tht tp tidak tuntas. Sampai sekarang, setiap menelan ludah seperti ada air d dalam telinga. Awalnya ga terlalu menganggu kerja saya sebagai org yg banyak bertemu banyak org. Tapi lama kelamaan membuat tidak nyaman. 😔 ss medika bagus tapi kayaknya mahal ya. Senin dpn rencananya saya mau berobat k RsCM. Bagian tht ya ka haidar?081299009485

    • Kholis Media / Jun 2 2016 2:49 pm

      Saya cuma berbagi informasi aja mbak 😀 . Silahkan yang mau gabung group WA THT Crisis Center

      • zaenara / Jun 5 2016 2:57 pm

        Boleh dong mas dimasukkin grup nomer saya 087884604313
        besok senen rencana mo ke rs proklamasi. Soalnya telinga kambuh lg

  93. fauzan / Jun 12 2016 11:39 pm

    Salam knl

  94. Arie / Jun 14 2016 12:52 am

    Mas , mau share sekalian curhat mas. 2 bulanan yg lalu habis mandi telinga saya kemasukan air mas. Nah habis itu saya korek, eh ternyata gakeluar keluar airnya. dua minggu kemudian saya periksa ke RSUD, katanya beliau telinga saya berlubang. Tapi gak diberutau berapa persen lubangnya, beliau bilang agak besar. Dibersihkan dan diberi obat . dua minggu setelah obat habis saya periksa lagi, ternyata sudah membaik. Jadi tinggal OMK gitu katanya. Tapi harus tetap dijaga, gaboleh kena air dulu, gak boleh renang sampe 3 bulan dinyatakan sembuh. Ini udah jalan sebulan. Telinga yg kemaren udah normal ini jadi kaya kedengeran berdenging lagi tapi gak separah dulu. Pendengaran juga alhamdulillah masih agak normal. Nah, kira kira itu masuk operasi kecil atau gimana yaa mas?

    • Kholis Media / Jun 14 2016 9:47 am

      Besar atau kecilnya mesti dilihat kamera mas

  95. veron / Jun 15 2016 3:12 am

    tau ga biaya operasi gendang telingga di
    RS. SS Medika, Jakarta?

    • Kholis Media / Jun 15 2016 3:41 am

      Mbak join aja di group WA THT Crisis Center di 081905928872. Lebih interaktif disana 😀

  96. Veron / Jun 20 2016 6:44 am

    trimakasih mas.
    gendang telingga saya dua2 nya bolong mas. dan telingga kiri itu kalau dgr sara keras dia berderuh itu kenapa ya mas???
    saya takut mas buat melakukan operasi, kalau operasi apakah dokter sendiri yang melakukan nya mas???

    • Kholis Media / Jun 20 2016 7:15 am

      Kalo takut di operasi, mulai sekarang . Besarkan keinginan untuk sembuh daripada takut operasi, kalo operasi jelas dokter spesialis yg menanganginya. Jangan khawatir

  97. Nur Afni wijaya / Jun 21 2016 3:48 pm

    Sudah 4 Minggu saya ikut rawat jalan di salah satu rs di Tangerang…

    Pertama terjadi masalah dengan telinga saya saat saya membersihkan telinga menggunakan cotton Bud , mungkin terlalu dalam sehingga timbul rasa nyeri tapi saya tetap cuek pertamanya lalu saya yang memiliki hobby mendengarkan musik biasa menggunakan ear phone Berjam jam mengakibatkan rasa nyeri itu semakin terasa seperti di tusuk kejadian nya siang hari mulai terasa sakit ..
    Sore hari saya berobat ke klinik terdekat namun dokter bilang mungkin di sebabkan oleh gigi belakang saya yg mulai tumbuh karena bengkak dari pipi hingga leher..

    Sekitar jam 1 malam teling saya mulai mengeluarkan cairan saya pikir itu air saat saya lap dengan tisu ternyata darah .. saya panik saya tidak bisa tidur semalam an
    Besok pagi nya saya kembali ke klinik dan di berikan rujukan ke RS.

    Minggu pertama Di RS. Saya bertemu dengan spesialis THT Dr.irawati kalau tidak salah, pertama telinga saya di lihat dengan menggunakan alat , dan di bersihkan .. dokter tersebut tejadi pembengkakan di saluran telinga akibat ada jamur di saluran telinga dan saya di saran kan untuk rawat jalan.

    Minggu kedua saya pembengkakan telah sembuh dan jamur pun sudah tidak ada namun dokter bilang selaput gendang telinga saya sobek besar , dokter memberikan beberapa tablet obat dan obat tetes

    Minggu ke tiga infeksi yg terjadi di telinga saya sudah sembuh dan telinga saya telah kering dan perobatan di berhentikan namun kata dokter robek di telinga saya tidak bisa sembuh jadi saya di sarankan tidak berenang dan tidak menaiki pesawat selama lubang tidak tertutup / sembuh

    Di Minggu ke empat saya mengalami sakit di telinga saya seperti perih luka dan juga seperti basah saat saya cek ke dokter lagi ternyata telinga saya kembali basah di sebabkan infeksi yg terjadi lg ..

    Dan sampai sekarang saya masih menjalani pengobatan ..

    Saya minta solusi tentang masalah saya karena saya merasa terganggu dengan penyakit ini.

    • Kholis Media / Jun 22 2016 8:01 pm

      Mbak Nur, inti dari operasi adalah untuk menjaga telinga bagian dalam agar benda2 luar yang bisa menyebabkan infeksi, jamur engga masuk ke dalam telinga. Selama gendang telinga berluba, cairan / infeksi akan terjadi terus menerus.

  98. Maulita / Jun 25 2016 4:25 am

    Gendang telinga saya wkt itu berlubang sya sempat tanya mas haidar di blog ini, lalu sya ke rs tht ss medika, salemba jakpus. Dng dokter helmy, kata beliau untuk apa di operasi di coba dl di salep. Salep yg diksh stiap smnggu 1x kata beliau bs ko 2 mnggu skli, krn sya pengen sembuh ya 1 mnggu skli, hehe .. 1-2x tdk menunjukan hasil jaringan tdk mau tumbuh, berkat kuasa Allah SWT akhirny di salep kembali ke 3, 4, 5 gendang telinga menutup sempurna, alias smua jaringan tumbuh. Skrg sya bicara sdh tdk lg bindeng, pendengeran pun mmbaik, wlpun sya kl teriak seperti panggil keponakan agk sdk gemuruh dr dlm tp mgkn tdk bs 100% normal lg, ato ini cm masalah proses sisanya. Intiya sya berayukur sudah bs menutup kembali tnp operasi, thx Allah thx prof helmy.

    • Kholis Media / Jun 25 2016 4:27 am

      Alhamdulillah, semoga tambah dan tambah membaik pendengarannya mbak 🙂

      • Maulita / Jun 25 2016 4:46 am

        Amin mas … Smoga sharingan aq ini bisa bermanfaat buat kalian smua ya. Semangat!

  99. Erie / Jul 19 2016 10:25 pm

    Salam kenal semuanya, saya hanya mau sharing.skr sy lg di rmh sakit sktr 1,5 jam lg akan menjalani operasi.jujur deg2 an banget takut. Stlh operasi nanti sy sharing lg ya. Doain semoga berjln lancar amin.

    • Kholis Media / Jul 20 2016 11:34 am

      Semoga cepat sembuh ya . Yuk join group WA THT Crisis Center 081905928872 😉

  100. Ozie / Jul 21 2016 10:00 pm

    Sekedar sharing.. Telinga sebelah kiri saya tidak sengaja kena benturan, habis itu pendengaran terasa berkurang dan bindeng, aneh nya telinga sebelah kiri saya tidak bisa mendengar nada rendah, jadi kalau dengerin musik tidak bisa dengar bass nya kalau yang kanan bisa, jadi ga enak banger rasanya sangat2 tidak nyaman. Udah pernah cek di THT dilihat katanya gendang telinga saya bolong sebesar lubang jarum dan udah dikasih obat sampai sekarang belum sembuh.. Kira2 masih bisa normal ga ya pendengaran saya? mohon infonya dari teman2 semua.. Trims

    • Kholis Media / Jul 21 2016 11:28 pm

      Yang membuat pendengaran membaik itu utamanya adalah syaraf, kalo syaraf sebelumnya baik2 saja kemudian berlubah, insya Allah baik2 saja. Udah brapa lama berlubangnya? Mudah2an jaringan gendang telinga tumbuh dengan sendirinya. Aamiin

      • Ozie / Jul 22 2016 1:33 am

        Udah 3 mingguan sih mas.. Sebelumnya sih normal2 aja, tapi setelah kena benturan jadi seperti itu.. Makasih doanya mas kholis…

      • Kholis Media / Aug 13 2016 1:24 am

        sama2 mas. Teman2, join group THT Crisis Center ya di WA 081905928872. Terima kasih

  101. Ambar / Jul 26 2016 1:17 am

    Halo,sy jg habis operasi Timpanoplasti,gk sembarang operasi loh,tahapan demi tahapan harus di lakukan,biayapun mahal,tp sy bersukur dengan BPJS sy bisa di operasi n Gratis,hehehe.opersinya memakan waktu lama di lihat dr penyakit serta perkembangan dr penyakit terdebut.sebelum operasi hrus CEK dara,CEK Penyalit Dalam,Lanjut ke Anastesi yg memperbolehkan atau gaknya pasien di operasi.sbelum oprasi puasa dlu 6 s/d 8 jam,ya pokoknya semua berkaitan dengan Tulang pendengaran,syaraf dll.klo mau tanya silakan ke email sy.hehehe.khusus pengguna Bpjs atau asuransi.yg gk ada mending buat dulu.biaya murah itu boong.ok.

  102. ambar / Jul 26 2016 1:21 am

    Halo,sy baru aj seminggu yg lalu di operasi Timpanoplsti,semua berhubungan dengan tulang pendengaran,terutama syaraf,biaya murah itu bkn opersi sebenarnya,sy kena 30 jutaan buat operasinya aj di luar obat n rawat inap 2 hri.prosedur operasinya gk sembarangan. Waktunya lama gk berhari2 atau berminggu. Tp beberapa bulan baru operasi atau gaknya tergantung dr bagian Anatesi,mau jelasnya lg,boleh ?

    • Kholis Media / Jul 26 2016 1:31 am

      Halo ambar, operasi di RS mana ya? Yuk join group WA THT Crisis Center 081905928872

  103. Veronikakristiani / Aug 17 2016 12:38 pm

    halo… saya inggin kembali share.
    saya itu telinga kirinya kalau menguap teriak itu ngeluarin bunyi gitu. itu kenapa ya?
    telinga saya kiri kana bolong total…
    trim’s.

    • Kholis Media / Aug 19 2016 11:24 pm

      Bunyi percikkan air kah? Fast respons gabung group WA aja mbak

  104. Andri / Aug 18 2016 8:48 pm

    Asslmlkm wr..wb..
    Slamat berbahagia tman2

    Sy sudah mengalami congek telinga sebelah kiri sejak SD
    Dan skrg umur sy 26 tahun
    Sempat ke THT katanya udah lobang
    Dan disarankan untuk OP.

    Stlah bolak balik dr THT sampe skrg blm smbuh2 congek masih lancar
    Dan blm OPrasi Jg krn takut akan tambah parah nantinya, ada rasa putus asa jg
    Tp mw gmn lg sy jg harus nglamar kerja kalo masih bolong ya pasti gak trima kerja disisi lain org bilang sy gak nyambung kalo ngomong dan sy minder skali kalo ktmu org bahkan menarik diri, takut bahkan ktmu org baru juga takut krn masih terbayang2 kisah lalu yg menyakitkan sering di Bully krn kondisi ku ini sy mrasa hancuur sgalanya sampe gak ada gairah hidup ini,

    Stlah sy baca2 Post di sini dan Testimoni yg luar biasa, sy mrasa yakin bahwa sy bisa smbuh hanya sj blm ada uang buat OPerasi

    Yg mw sy tanyakan jika Saraf sudah rusak dan gak berfungsi sempurna kira2 masih bisa sembuh gak,
    apa bedanya tulang2 pendngaran dg syaraf2 pendengaran

    Jng lupa d jwb ya Mas
    Trmksih

    • Kholis Media / Aug 19 2016 11:28 pm

      Untuk biaya sebaiknya segera bikin bpjs mas, operasi besar 40jt bisa gratis.
      Syaraf engga berfungsi kata dokter atau kata mas? Klo syaraf rusak, telinga ditampal supya telinga bagian dalam terlindungi, kl engga dikhawatirkan muka bisa menyon kayak orang stroke

  105. Ahmad fauzi hendrawan / Sep 13 2016 2:04 pm

    Kenapa ya nunggu jadwal operasi telinga di rscm sangat lama?sampai kapan yaaa nunggunya

    • Kholis Media / Sep 13 2016 2:11 pm

      Ada pernah 3bulan nunggu nya

    • Kholis Media / Dec 21 2016 11:25 am

      sampai dapat giliran 😀 , pasiennya lagi banyak kali mas

  106. gunawan / Oct 24 2016 6:54 am

    Bolehkah merokok pasca timpanoplasty?

  107. vero / Jan 18 2017 2:41 pm

    mas saya mau tanya. saya gendang telinga 22 nya bolong besar. dan sampai sekarang belum dioperasi,…mas saya mau tanya kalau ngak dioperasi akibatnya apa ya??? kadang kalau sy mengendarai motor ga pake helm dgn kecepatan lebih stlh slsai bawa motor saya merasa kepala saya ad rasa2 aneh gitu? itu kenapa yaa

    mas tlong jwb ap yg sy tanyakan, trims

    • Kholis Media / Jan 18 2017 11:51 pm

      Dikhawatirkan infeksi menjalar ke tulang, syaraf pendengaran bisa rusak.

  108. yudi / Feb 9 2017 11:06 am

    mau share pengalaman operasi .
    alahamdulillah operasi tympaloplasty saya lancar hari ini,klo saya operasi nya di RSUD Budhi Asih pake BPJS.alhmdllah dari awal periksa smpe operasi nya smua ditanggung BPJS,paling ada obat tertentu biasa nya yg harus beli .

    • Kholis Media / Feb 9 2017 11:47 am

      RSUD Budhi Asih itu kota apa mas? Selamat ya dan semoga lekas sembuh

      • yudi / Feb 10 2017 3:43 pm

        RSUD Budhi asih itu di Jakarta Timur mas,Alhamdulillah semua biaya ditanggung BPJS mas . Tanpa ngeluarin biaya sepeser pun .
        Sore tadi saya sudah boleh pulang,3hari 2malem rawat inap di RS .
        Sedikit share gpp ya mas,
        Awal periksa ke faskes 1 Terus di rujuk ke RSUD .
        Saya mulai periksa ke RSUD Budhi asih akhir2 Desember,kira2 semingguan saya harus bolak-balik ke RS,yg awal nya diperiksa,cek pendengaran,ronsen,ambil darah, dan terakhir lanjut ke anastesi(itu awal2 Januari,harus berhenti ngerokok total mas sampe mau operasi . Sya dapet jadwal nya 9 februari(baru kemarin ya).
        Alhamdulillah akhirnya bisa operasi jga,tanpa dipungkiri mas,kalo ga pake BPJS saya blm tentu bisa operasi,krna terkendala biaya . Alhamdulillah ada BPJS.
        AMINNN,terima kasih atas do’a nya .

  109. Syawal / May 12 2017 4:13 am

    Assalamualaikum
    Mas,waktu sya berusia 4 bulan telinga sya keluar cairan dan waktu sya berusia 8 blan sya diperiksa dokter dan diberi tetes telinga dan akhirnya smbuh. Tpi waktu sya sd kembali kambuh lgi diberi tetes telinga smbuh lgi tpi smp kambuh lgi dan sekarang sya berusia 18 thn cairannya masih keluar berwarna kuning dan bau dan ternyata diperiksa di THT katanya gandang telinga sya bolong dan harus dioperasi tpi sya takut dioperasi trus dikasih obat obatan tpi tetap aja tdk sembuh. Mas apakah sya harus operasi kecil/sedang/besar?trus apa hubungannya dengan saraf?apakah ada cara lain tanpa operasi?apa jga efek samping setelah operasi?mohon pencerahannya.
    Trima kasih

    • Kholis Media / May 12 2017 4:19 am

      Wa alaikum salam. Efek samping setelah OP blom dengar sampai parah, biasa aja. Kalo telinga berlubah, infeksi akan kambuh terus dan tulang telinga bisa terkikis. Pun dengan syaraf, lama2 akan rusak.

      Cara terbaik menutup gendang telinga yaitu dengan OP, selain OP tidak ada jaminan gendang telinga akan nutup sendiri. Diperiksa aja dulu, mudah2an termasuk OP kecil. Keinginan untuk sembuh HARUS lebih besar dengan ketakutan operasi 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: